PALEMBANG — Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) menggelar sosialisasi mengenai kebijakan teknis jabatan fungsional analis kebijakan di Auditorium Graha Bina Praja pemerintah provinsi Sumatera Selatan, Jumat (16/9).

Sosialisasi yang dipimpin langsung Kepala pusat pembinaan analis kebijakan LAN RI, Erna Irawati dihadiri oleh Sekretaris Daerah Sumsel, Mukti Sulaiman, juga Badan Kepagawaian daerah 17 kabupaten/kota yang ada di Sumsel dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Sumsel.

Mukti Sulaiman menjelaskan, dalam UU Aparatur Sipil Negara ada ketentuan tingkatan posisi jabatan dan persyaratan serta tahapan yang harus dilalui untuk mencapai posisi dari yang terendah hingga tertinggi bagi pegawai negeri sipil (PNS).

“Analis Jabatan Fungsional (JFUNG) harus memliki krieteria dan keahlian tertentu, contoh kalau dia sarjana hukum dia JFUNG perancanaan per UUD ,”jelasnya

Ia juga mengatakan ada banyak kendala terhadap JFUNG ini antara lain tidak seimbanhnya performance dan tunjangan yang masih standart sehingga kurang menarik bagi pegawai. “Itu nanti kita usulkan tunjangan di perbesar sehingga mereka akan terpacu untuk berprestasi tunjangan JFUNG ini bervariasi paling rendah satu juta,” jelasnya.

Ditambahkannya, disamping jabatan struktural maka JFUNG ini harus di perbanyak ,tetapi tentu disesuaikan keahlian dalam bidang masing-masing.

Selain itu, Mukti mengungkapkan JFUNG merupakan jabatan yang bertugas memberikan pelayanan fungsional berdasarkan keahlian dan keterampilan.

Apalagi, sambung Mukti, Saat ini perubahan birokrasi sudah lebih baik, dengan adanya dorongan dari pemerintah pusat untuk lebih berkembang lagi, hal tersebut ditunjukan dengan bertambahnya jumlah jabatan fungsional tertentu serta lebih banyak pemberian formasi CPNS untuk mengisi jabatan fungsional tertentu.

Oleh karena itu, Mukti mengharapkan agar PNS lebih meningkatkan prestasinya, bekerja keras, disiplin dan professional serta meningkatkan penguasaab teknologi dan informasi untuk melengkapu kompetensinya. (juniara)

RelatedPost