PALEMBANG — Dalam rangka memperingati hari ulang tahun gerakan Pramuka ke-55, Kwarcab kota Palembang menggelar malam renungan Suci dan Ulang Janji di Taman Makam Pahlawan Ksatria Siguntang, Sabtu malam (13/08).

Kegiatan yang mengusung tema “Mewujudkan Pramuka Sebagai Pelaku Perubahan Untuk Membangun Bangsa Yang Bermartabat” tersebut dipimpin oleh ketua kwartir cabang kota Palembang, H. Asnawi P Ratu.

Juga turut hadir, Sekretaris kwarcab Kota Palembanh, Aklani Riduan. Menurutnya, tujuan diadakannya malam renungan suci yakni untuk mengevaluasi pengalaman gerakan pramuka kwarcab kota Palembang selama satu tahun ke belakang. “Diharapkan dengan kegiatan tersebut dapat dilakukan langkah-langkah perbaikan dan peningkatan di tahun berikutnya” katanya.

Ia mengatakan, Selain diadakan renungan, pada malam tersebut juga telah dilakukan ulang janji dengan mengucapkan Tri Satya sebagai bagian dari peringatan hari Pramuka. “Ulang janji dilakukan dengan mengucapkan kembali janji tri satya dengan cara menirukan ucapan pembina upacara, ” katanya.

Dijelaskan Aklani, Trisatya merupakan janji dan tiga kode moral yang digunakan dalam Gerakan Pramuka. Disebut trisatya karena mengandung tiga butir utama yang menjadi panutan setiap Pramuka.

Setiap kali Pramuka akan dilantik menuju tingkatan yang lebih tinggi atau dilantik untuk acara lainnya, diwajibkan melaksanakan upacara ucap ulang janji yang berupa pembacaan trisatya di depan sang saka merah putih.

Selain melaksanakan malam renungan suci dan ulang janji trisatya, dalam rangka memperingati hari ulang tahun Gerakan Pramuka ke-55 Tahun 2016, kwarcab kota Palembang juga akan melaksanakan upacara peringatan HUT Gerakan Pramuka yang dilaksanakan di Lapangan MONPERA Kota Palembang tanggal 14 Agustus pkl. 08.00 s.d. selesai. (juniara)

RelatedPost