PALEMBANG — Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI)dan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar sosialisasi sosialisasi pendaftaran seleksi calon anggota KPU – Bawaslu untuk periode 2017-2022 di Auditorium Bina Praja, Kamis (06/10).

Kegiatan yang dibuka langsung Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Bidang Administrasi dan Umum Joko Imam Santoso juga dihadiri oleh anggota tim seleksi Prof.Komaruddin Hidayat,Ph.D dan Dr.Valina Singka, Subekti,MSi , Kesbangpol se-Sumsel dan juga jajaran KPU dan Bawaslu se-Sumsel.

Anggota tim seleksi, Prof Dr Komaruddin Hidayat PhD menjelaskan berbagai persyaratan sudah ditetapkan oleh tim seleksi untuk menjaring petugas KPU-Bawaslu lima tahun kedepan. “Mereka harus mempunyai integeritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil. Selain itu, memiliki pengetahuan dna keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, serta syarat umum lainnya. Pengumuman tahap I ini diumumkan tanggal 25 November,” jelasnya.

Untuk penerimaan pendaftaran, lanjutnya, akan dimulai pada tanggal 25 September – 3 November mendatang. “Tes tertulis akan dilaksanakan pada 6 Desember, tes kesehatan, psikologi, penilaian makalah oleh ahli independen 7-10 Desember, dan pengumuman hasil seleksi tahap II ini akan diumumkan tanggal 16 Desember,” jelasnya.

Komaruddin menambahkan, setelah melewati tahapan tes, akan ada tahapan tes lanjutan. “Untuk pemeriksaan kesehatan lanjutan akan digelar 16-17 Januari 2017, lalu akan ada dinamikan kelompok calon serta wawancara,” ucapnya.

Hasil dari berbagai tahapan seleksi yang sudah dijalani oleh para peserta calon anggota KPU-Bawaslu akan diserhakan ke Presiden. “Untuk seleksi tahap tiga, mereka akan diwawancara. Hasil ini akan disampaikan ke Presiden tanggal 30 Januari 2017 nanti,” ungkapnya.

Lanjut Komaruddin, untuk proses pendaftaran pihaknya melakukan pendaftaran via online. “Silahkan buka website¬†www.kemendagri.go.id, lalu klik “Tim Seleksi KPU-Bawaslu RI. Ikuti tata cara pendaftaran yang sudah ditentukan. Dokumen yang sudah diisi dapat diserahkan langsung ke sekretariat tim seleksi di Kemendagri di Jakarta Pusat. Bisa juga melalui Pos ke PO. BOX 555 Jakarta 1000,” tutupnya. (juniara)

Related Post