PALEMBANG — Laga berat sudah menanti Sriwijaya FC di pekan 17 kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 saat kedatangan musuh bebuyutan Persipura Jayapura, Minggu (30/7) sore di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. Selama ini, pertemuan kedua tim memang selalu berlangsung keras, panas dan saling mengalahkan satu sama lainnya.

Musim lalu saat di kompetisi Torabika Soccer Championsip, kedua tim juga sama-sama memetik kemenangan di kandang masing-masing. SFC yang lebih dulu menjamu Persipura di putaran pertama mampu mengamankan poin penuh lewat gol semata wayang yang dicetak oleh Hilton Moreira  (3/7/2016), sementara tim Mutiara Hitam berhasil membalas kekalahan tersebut dengan skor sama  1-0 lewat gol Edward Wilson Junior (30/10/2016) di stadion Mandala Jayapura.

Tapi kondisi tim sekarang cukup berbeda bila dibandingkan musim lalu, saat ini SFC masih tertatih-tahih di papan bawah klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2017, Persipura masih bertenggar di puncak dengan keunggulan 10 poin dari SFC. Kemenangan yang menjadi barang langka bagi tim kebanggaan masyarakat Sumsel belakangan ini harus diraih atas Persipura harus diraih agar tidak terus tercecer di urutan bawah.

Selain 3 poin, kemenangan atas Persipura juga diyakini akan menambah semangat dan moril bertanding SFC kedepannya. “Persiapan kita seperti biasa, namun memang banyak PR yang harus kita perbaiki sebelum laga melawan Persipura nanti. Tentu yang pertama adalah masalah konsentrasi di menit-menit awal pertandingan, karena di beberapa pertandingan terakhir kita banyak kecolongan disana,” ujar caretaker tim SFC, Hartono Ruslan saat dihubungi Rabu (26/7) sore.

Selain itu, komunikasi di lini pertahanan diakuinya juga harus terus ditingkatkan agar tidak lagi terjadi kesalahan sendiri. “Mereka harus tenang dan fokus, gol-gol yang kami terima selama ini kebanyakan lahir dari kesalahan sendiri,” tambahnya. Tidak hanya lini belakang, penyelesaian akhir di lini depan juga disebutnya akan menjadi catatan lain yang mesti diselesaikannya sebelum laga kontra Persipura. “Melawan Bali United dan Persegres, kami semestinya bisa menang jika mereka mampu memanfaatkan peluang, banyak sekali kesempatan mencetak gol terbuang percuma dan hal ini jangan terus menjadi kebiasaan, sekecil apapun peluang harus dimaksimalkan nantinya,” tambahnya.

Sementara itu, pelatih Persipura Wanderley Junior menyebut pihaknya juga menganggap serius laga melawan SFC nantinya. “Kami akan membawa 22 pemain ke Palembang dan mungkin akan datang lebih cepat. Persiapan taktik dan strategi bola mati baik saat bertahan maupun menyerang akan dimaksimalkan lagi. Target kami jelas ingin terus mempertahankan posisi pertama hingga putaran pertama selesai,” ujar Wanderley saat dikonfirmasi Rabu (26/7) sore. (dedi)

Artikel Terkait