PALEMBANG — Setelah sembuh dari cedera, Ichsan Kurniawan masih berusaha mengembalikan performa terbaiknya dan terus berjuang menembus starting eleven Sriwijaya FC. Meski sempat turun di pekan kelima sewaktu melawan Persiba Balikpapan (9/5) lalu, namun eks timnas U19 ini kembali absen di 2 laga berikutnya sewaktu laskar wong kito bertemu Barito Putera (13/5) dan PSM Makassar (21/5).

Namun jebolan SFC U21 diperkirakan akan menjalani debutnya sebagai starter SFC saat menjamu Madura United (27/5) besok. Tanda-tanda akan dimainkannya gelandang enerjik ini sudah terlihat saat SFC melakoni laga uji coba melawan tim lokal Palembang, PSAD Kodam II Sriwijaya, Selasa (23/5) lalu. Di laga ini, Ichsan dicoba oleh tim pelatih bermain penuh selama 90 menit dan hasilnya pun cukup memuaskan.

Kembalinya Ichsan Kurniawan memang sangat ditunggu oleh publik sepakbola Palembang mengingat sebelum cedera, penampilan pemain asal Martapura OKU Timur ini sangat memukau dan terbukti 1 tempat di timnas Piala AFF 2016 berhasil diraihnya. Tidak hanya itu, kehadirannya pun akan sangat membantu mengingat statusnya yang saat ini masih masuk dalam kuota pemain U-22.

Apalagi saat menjamu Madura United nanti, SFC sudah dipastikan tidak akan dapat memainkan 1 pemain U-22 yakni Zalnando yang tengah mengikuti pemusatan latihan bersama timnas Indonesia. Sementara di beberapa laga sebelumnya, Zalnando bersama Yanto Basna merupakan pilar utama dan masih masuk dalam kuota pemain U-22.

Asisten pelatih SFC, Hartono Ruslan menyebut bahwa perkembangan Ichsan Kurniawan memang terus membaik. Namun dirinya tetap memberikan beberapa catatan terkait pemain yang merupakan alumnus Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) ini. “Jika melihat fisiknya, memang Ichsan sudah siap bermain kembali. Tapi dalam pandangan saya, dia masih terlihat hati-hati dan belum lepas saat di lapangan, dan itu sangat wajar untuk pemain yang sudah lama absen karena cedera, perlahan akan kita bantu akan kepercayaan dirinya cepat kembali seperti semula,” ungkap Hartono saat dihubungi Rabu (24/5) sore.

Sementara itu, Ichsan Kurniawan saat dikonfirmasi menyebut bahwa dirinya siap jika diberikan kepercayaan turun bermain nantinya. “Dalam beberapa minggu terakhir saya memang berusaha menyesuaikan diri terlebih dulu dengan tim setelah cukup lama absen. Soal bermain atau tidak itu wewenang pelatih, namun sebaga pemain tentu saya harus siap dan berusaha maksimal membantu tim nantinya,” ujarnya singkat. (dedi)

Artikel Terkait