PALEMBANG — Banjir yang melanda Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung akibat hujan deras menjadi perhatian khusus Gubernur Sumatera Selatan.

Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin memberikan bantuan untuk korban bencana alam banjir di Belitung Timur yang diterbangkan dari Lanud Sri Mulyono Herlambang Palembang, Selasa (18/7) pagi.

Bantuan Gubernur Sumsel berupa sandang, pangan, peralatan dapur, peralatan rumah tangga, perahu karet, ban, family kids, makanan tambahan gizi, makanan siap saji, MPAC sebanyak 3 ton untuk kebutuhan seminggu ke depan. Tanggap darurat. Termasuk 200 unit tenda gulung, 200 paket khusus, 200 paket keluarga.

“Belitung ini kan tetangga berdekatan betul dengan kita Sumsel. Bahkan kita tahu Bapak Gubernur sejak menjabat Bupati Muba sangat peduli dengan bencana di Indonesia, tidak hanya di Sumsel dan sekitarnya saja. Sumsel Terdepan. Seperti di Aceh, Padang, Yogya, Bengkulu, Papua, dan daerah terkena bencana di republik Indonesia. Artinya kita siap membantu tidak hanya di tingkat regional saja,” ungkap Staf Khusus Gubernur Sumsel Bidang Penanggulangan Bencana Alam H Yulizar Dinoto SH didampingi Kadinsos H Belman Karmuda SH, Kepala BNPB H Iriansyah SSos SKM MKes, Danlanud Sri Mulyono Herlambang Kol Pnb Easter Hariyanto, Kadisops Lanud Letkol PAS Mores Bonte.

Meskipun kondisi cuaca kurang bagus, Noto mengungkapkan tim-nya masih tetap memuat barang untuk dikirim ke Belitung Timur.

“Jam 7.00 sedang berlangsung hujan deras dan petir berdasarkan pantauan cuaca BMKG. Kami sambil memuat barang menunggu cuaca bagus,” ucapnya.

Setibanya di Lapangan terbang Haji Hanan Judin Tanjungpandan, tim bantuan Gubernur Sumsel ini menyerahkan bantuan ke pihak Pemprov Babel kemudian diserahkan ke Pemkab Belitung Timur.

“Insya Allah rencananya nanti tim kita nanti akan diiterima Sekda Provinsi Babel,” ujarnya.

Tim bantuan Gubernur Sumsel menggunakan pesawat MI-17 dan Heli Bolko ini juga membawa tim operasional.

“Kita bawa beberapa tim yang berkaitan dengan operasional perahu dan Satgas BPBD, Tagana. Ini bantuan tahap pertama. Kalau dibutuhkan lagi kita akan kirim. Sifatnya kita ready,” tutupnya. (Juniara)

RelatedPost