Adanya insiden yang menjadi perdebatan saat laga antara tuan rumah PSM Makassar melawan Sriwijaya FC, Sabtu (11/4) lalu mendapat perhatian serius dari komisi wasit PSSI. Dalam laga yang berlangsung ketat dan menghibur tersebut, satu gol laskar wong kito yang dicetak oleh Ferdinan Sinaga di babak pertama dianulir wasit Iwan Sukoco karena asisten wasit mengangkat bendera tanda pemain terbaik Indonesian Super League (ISL) musim lalu ini sudah berada dalam posisi offside.

Anggota komisi wasit bidang penugasan, Purwanto mengaku sudah mendengar masalah ini melalui surat kabar. Dalam waktu dekat, salah satu wasit terbaik yang pernah dimiliki Indonesia mengatakan akan segera memanggil wasit yang bertugas dalam laga yang berakhir imbang 3-3 tersebut.

Menurutnya, meskipun saat ini pihak SFC belum melaporkan secara resmi keberatan atas laga tersebut, pihaknya tetap akan memproses kejadian yang terjadi di pertengahan babak pertama tersebut. “Kita akan panggil seluruh wasit yang bertugas dan dimintai keterangannya. Namun yang paling terpenting adalah komisi wasit akan melihat rekaman video pertandingannya untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi di lapangan,” jelas wasit asal Kediri ini.

Offside sendiri menurutnya akan terjadi jika seorang pemain diberikan bola ketika berada lebih dekat dengan garis gawang lawan dibanding posisi pemain lawan. Biasanya luar posisi digunakan para pemain belakang sebagai bagian dari taktik untuk menjebak lawan.

“Namun seorang pemain meskipun berada dalam posisi tersebut tidak dapat diberikan hukuman jika tidak aktif bergerak atau tidak menganggu pemain lawan. Tapi untuk lebih jelasnya kami dari komisi wasit akan melihat rekaman pertandingan lebih dulu,” tambahnya.

Dirinya sendiri juga menegaskan akan terus meningkatkan kualitas wasit di Indonesia. “Memang terkadang ada human error, tapi tidak bisa menjadi alasan. Kami akan tegas mengambil tindakan, jika nanti ditemui kesalahan tentu harus dikasih hukuman,” tegasnya.

Sebelumnya, sekretaris tim SFC Ahmad Haris juga menyayangkan insiden tersebut. “Laga tersebut sangat menghibur, kedua tim juga bermain baik. Sayang beberapa kali wasit mengeluarkan keputusan kontroversial dan lebih parahnya lagi meski disiarkan langsung di televisi, tidak ada siaran ulang untuk memperjelas kejadian tersebut,” keluhnya.

Artikel Terkait