PALEMBANG — Sebanyak 54 personel prajurit yang berasal dari berbagai satuan wilayah jajaran Kodam II/Swj mengikuti Penataran Babinsa (Bintara Pembina Desa) TNI AD TA. 2016 di Lembaga Pendidikan Dodikjur Rindam II/Swj Lahat, Sumsel.
Penataran Babinsa ini, dibuka secara resmi oleh Wadanrindam II/Swj Kolonel Inf Hardo Sihotang, Selasa (2/7/2016) bertempat di lapangan upacara Secaba Rindam II/Swj, Lahat.
Pangdam II/Swj Mayjen TNI Sudirman, S.H., M.M., dalam amanat tertulis yang dibacakan Wadanrindam II/Swj Kolonel Inf Hardo Sihotang, menyampaikan bahwa dilaksanakan penataran Babinsa Tersebar ini bertujuan untuk membekali dan meningkatkan kemampuan agar memiliki pengetahuan dan keterampilan tugas, sikap perilaku yang berjiwa Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta kondisi jasmani yang prima sehingga dapat melaksanakan tugas sebagai Babinsa secara optimal.
Adapun sasaran penataran yang ingin dicapai adalah, meningkatnya pemahaman dan kemampuan Babinsa dalam mengaplikasikan pembinaan teritorial dalam pelaksanaan tugas selaku Aparat Komando kewilayahan, meningkatnya pemahaman dalam menyikapi potensi ancaman di wilayah dan mampu menjaga kondusifitas di wilayah, meningkatnya kemampuan  dalam  mendeteksi  dan melakukan langkah preventif terhadap kemungkinan ancaman di wilayah, serta meningkatnya kemampuan  dalam melakukan  prosedur hubungan komunikasi antar instansi guna menjamin pencapaian tujuan dan sasaran Binter.
Pangdam juga menjelaskan bahwa Babinsa adalah Unsur Pelaksana Koramil yang bertugas melaksanakan Binter di wilayah pedesaan. Di era sekarang ini, kemampuan Babinsa sangat menentukan keberhasilan Binter, sehingga di dalam melaksanakan tugasnya Babinsa harus selalu berkoordinasi dengan aparat terkait, maupun dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda agar tidak terjadi kegagalan-kegagalan dalam melaksanakan tugasnya.
”Sebagai Babinsa, kalian adalah ujung tombak satuan teritorial terdepan yang setiap saat berada di tengah-tengah masyarakat melaksanakan pembinaan teritorial,” ujar Pangdam.
Dalam Penataran Babinsa Tersebar yang akan berlangsung selama 15 hari ini, para peserta penataran akan dibekali dengan berbagai materi baik bersifat teori maupun praktek meliputi : Lima Kemampuan Teritorial, Sikap Teritorial, Ketatalak-sanaan Binter, Teknik Pembinaan Jaring Intelijen dan Jaring Teritorial, Intelijen Teritorial, Proxy War, Pulket, Pengamanan Personel, Berita, Material dan Kegiatan, Pemberantasan Narkoba, Organisasi Terlarang, Pahan Raka/Raki dan Terorisme.
Upacara pembukaan penataran ditandai dengan penyematan tanda peserta penataran. Hadir dalam pembukaan penataran ini, para Kabag, Kadep, para Kasi dan Para Gumil / Pelatih Rindam II/Swj. (ril/pendam II/swj)

RelatedPost