Laskarwongkito.com — Di laman sosial media maupun di aplikasi instant messaging, lagi nge-hits banget apa itu yang namanya “Om Telolet Om!”. Jadi kepo kan, mau tau apa itu “Om Telolet Om..!”

Nah biar nggak tambah penasaran, di bawah ini Tim WPN LWK coba investigasi darimana istilah ini muncul dan mengapa, (Ciee.. bahasanya). Yuk disimak.

om-telolet

umber foto: duniaku.net)

Jadi begini ceritanya, fenoma ini jadi populer setelah ada seseorang mengupload video yang diambil di daerah Jepara. Di sana saat siang atau sore hari anak-anak kecil sepulang sekolah berdiri di pinggir jalan lalu berteriak “Om Telolet Om” (Bahkan ada yang lebih eduun banget, yang bela-belain memegang kertas bertuliskan “Om! Telolet”). Teriakan itu ditujukan kepada pengemudi bus yang melintas di jalan raya agar si supir bus mau membunyikan klakson busnya.

Jadi “Om” itu maksudnya adalah si om supir bus. Sedangkan “Telolet” itu seperti menirukan suara klakson yang berbunyi “Tolelot tolelet telotet..” (Yah kurang lebih seperti itulah).

Singkatnya, “Om telolet om” adalah seruan yang diucapkan oleh anak-anak kecil yang ditujukan kepada pengemudi bis agar sang pengemudi membunyikan bel / klakson.

Tujuannya apa? Ya cuma untuk have fun saja, untuk bersenang-senang. Mungkin anak-anak itu senang mendengar suara klakson bus yang memang terkadang bunyinya unik. Ada juga yang merekam suara klaksonnya lalu setelah direkam di upload ke media sosial, dsb.

Cuma itu? Nggak!

Ada lagi keunikannya. Entah apa pasalnya, fenomena “Om Tolelot Om!” ini juga, menjadi fenomenal juga di jagat netizen luar negeri. Bahkan beberapa musisi kelas dunia mulai mempertanyakan fenomena “Om Telolet Om”.

Ada Zedd yang mengunggah “Om Telolet Om” di akun Twitternya, Selasa (20/12/2016) silam.

5859e1a766303-heboh-om-telolet-om_663_382

(Sumber foto: viva.id)

Selain Zedd, ada pula DJ Snake yang juga mengunggah “Om Telolet Om” di akun Twitternya, juga pada hari yang sama.

DJ Snake bahkan tampaknya sudah menguasai trik “Om Telolet Om”. Buktinya saat ia mengomentari sebuah foto yang diunggah Presiden AS Terpilih, Donald Trump. Selasa, (20/12/2016), Trump mengunggah foto yang menunjukkan kebersamaannya dengan tim kampanye.

Tiba-tiba, DJ Snake muncul dan berkomentar di foto tersebut, menyebut “Om Telolet Om”.

headmaster-dj-telolet-om_20161221_083622

(Sumber foto: tstatic.net)

Beda dengan Zedd dan DJ Snake, Martin Garrix justru masih terlihat bingung dan berusaha mencari tahu tentang “Om Telolet Om”.

Banyak pula followers yang kemungkinan besar berasal dari Indonesia yang dengan sukarela menjelaskan fenomena “Om Telolet Om” ini pada musisi idola mereka. Bahkan ada yang sampai mengirimkan video beberapa contoh “Om Telolet Om” pada mereka.

Musisi dunia lainnya, Steve Aoki, juga dilanda demam “Om Telolet Om”. Tapi ia pun sepertinya tidak mengerti mengapa saat ia mengunggah sebuah foto di mana ia berpose mengenakan VR Gear, ribuan followers justru berkomentar “Om Telolet Om”.

“What is Om Telolet Om?” tanya Steve di akun Instagramnya. Dan pengikut Aoki pun langsung menjelaskan fenomena tersebut.

Mungkin sebagian ada yang mengatakan bahwa hal ini adalah norak dan kampungan, tapi kalau itu bisa membuat anak-anak (atau orang dewasa) bahagia, apa yang salah dengan hal itu? (selama dilakukan dengan aman). Mungkin mereka harus mencobanya dulu, berdiri di pinggir jalan, lalu teriak “Oooommm… Telolet ooommm….!”.

Haha.. ternyata seru juga ya. Ini menunjukkan, bahwa untuk bahagia itu sederhana. Kalo menurut kamu bagaimana?. (red/dil)

Artikel Terkait