PALEMBANG — Berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat terus dilakukan pemerintah melalui program-program andalan. Salah satunya melalui program Kementerian Sosial RI yang melaunching E-Warong, Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera (KMIS).

Didampingi Walikota Palembang, Harnojoyo serta Kepala Dinas Sosial Sumsel, Apriyadi. Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa
meresmikan E-Warong di kawasan Kelurahan 5 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Lorong Kedukan, Minggu sore (21/8).

Khofifah Indar Parawansa mengatakan Palembang merupakan kota yang kesebelas di Indonesia yang telag melaunching E – Warong atau warung gotong royong, KUBE, dan PKH. Menurutnya, ini merupakan bagian dari proses penyampaian bantuan dana sosial secara non tunai yang terintegrasi kedepannya.

“Sekarang yang terintegrasikan adalah PKH dan Rastra. Di Surabaya kebetulan sudah terintegrasikan dengan elpiji tiga kilo gram begitu juga dengan di Sidoarjo,” jelasnya.
Ditambahkannya, di daerah – daerah yang sudah diluncurkan E Warong tersebut dapat mewujudkan proses pengintegrasian bantuan sosial dari berbagai kementerian dan lembaga yang menyatu dengan satu kartu yang multi fungsi.

“Kartu ini kalau di Sumsel akan menggunakan Bank BRI tapi payung nya Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) sehingga masyarakat yang menerima bantuan dapat mencairkan bantuan PKH nya dalam bentuk uang melalui ATM BRI, BNI dan Mandiri, karena terintegrasi,” urainya.

Dijelaskan Khofifah, bantuan kartu E Warung non tunai ini untuk memudahkan masyarakat dalam menerima bantuan dari pemerintah dengan harga yang lebih murah karena penyalurannya langsung ke masyarakat.

“Selain itu, penyaluran bantuan non tunai melalui ATM yang telah ditunjuk ini untuk memastikan bantu tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu melalui bantuan non tunai ini,” tambahnya.

Untuk di Palembang dibutuhkan 73 E Warong bahkan Walikota Palembang menargetkan yang nantinya akan ditempatkan disetiap kelurahan. Transaksi menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera ini tidak dikenakan biaya.

“Kalau dulu berbagai macam kartu bantuan sosial tapi kali ini hanya satu kartu saja, namun satu kartu ini bisa mendapatkan berbagai macam bantu sosial,” bebernya.

Sementara itu, Walikota Palembang H Harnojoyo mengucapkan terima kasih kepada Kemensos karena telah diluncurkan E – Warong yang diharapkan dapat menstabilkan harga bahan pokok dan paling penting dapat mengurangi angka kemiskinan di kota Palembang.

“Saya kira gagasan yang telah dibuat oleh Kemensos sangat baik dan bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat khusus nya bagi masyarakat miskin dikota Palembang,” tutupnya. (juniara)

Artikel Terkait