PALEMBANG — Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kian merangkak naik. Selain mengembangkan jenis produknya, kini UMKM yang di bawah nauangan Asosiasi Industri UMKM (AKUMANDIRI) siap menjalin kerjasama ke berbagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Sumatera Selatan.

Afit Faturohman, Ketua AKUMANDIRI Sumsel mengatakan selain konsen terhadap pemberdayaan masyarakat, pihaknya juga bertujuan membentuk karakter pengusahan sejak awal.

Ditambahkan Afit, kenapa pihaknya menjalin kerjasama dengan SMK, karena selain bisa menjadi modal awal membangun karakter dan mental supaya bisa menjadi pelaku UMKM dan pengusaha sukses sesuai minat dan bakat para siswa.

“Caranya, nanti setelah menjalin kerjasama kita akan menyetok barang-barang di Sekolah dan mereka (siswa-siswi SMK) yang jurusan khusus pemasaran bakal memasarkannya,” kata kang Afit, sapaan akrabnya.

Sementara ini, sambung Afit, pihaknya telah menjalin Kerjasama dengan SMK negeri 5 Palembang karena siswa-siswinya telah dilatih dan disiapkan untuk menjadi tenaga marketing yang nyata.

“Baru satu, SMK negeri 5 yang sudah oke kepala sekolahnya,  dia sudah support dan sudah bersedia menyiapkan siswanya untuk melakukan kerjasama ini,” kata dia.

Ditargetkan Afit, kedepannya nanti AKUMANDIRI bisa merangkul seluruh SMK  di Sumsel, khususnya kota Palembang. “Tapi kita coba dengan SMK ini dulu, bagaimana pekermbangannya dengan memasarkan varian-varian produk terutama memasarkan produk UMKM kita,” singkat Afit yang juga merupakan dosen FKIP Universitas Sriwijaya. (juniara)

RelatedPost