PALEMBANG — Pertemuan Sriwijaya FC melawan Arema FC di babak 8 besar turnamen Piala Presiden 2017 menguak memori manis laskar wong kito. Pasalnya laga ini bukanlah kali pertama kedua tim saling berhadapan dan berdasarkan catatan pertemuan, ini akan menjadi pertemuan yang keempat bagi mereka di Stadion Manahan.
Sebelumnya, dalam tiga kali pertemuan di Manahan SFC selalu menuai kemenangan atas tim Singo Edan. Itu terjadi pada final Piala Indonesia 2009/10 (skor 2-1) dan semi-final Inter Island Cup 2012 (skor 1-0).
Dan yang terakhir terjadi tahun lalu saat bertemu di babak semifinal Piala Presiden 2016 (skor 2-1) yang berlangsung 16 Oktober tahun lalu, SFC yang tidak diunggulkan berhasil membalikkan prediksi dan menang dengan skor 2-1.
Di laga tersebut yang merupakan leg kedua Piala Presiden 2015, SFC berstatus sebagai tuan rumah karena gagal menjamu Arema di Palembang yang saat itu terkena bencana kabut asap.
Meski sebenarnya memiliki barisan penyerang berkecepatan tinggi, Sriwijaya justru banyak menunggu dan bermain dengan tempo lambat di awal pertandingan. Arema sebaliknya, langsung menggebrak dengan serangan-serangan cepat.
Namun demikian, serangan Kera Ngalam—julukan arema—belum efektif. Hingga menit ke-22 baru satu tembakan ke gawang yang mereka ciptakan. Justru Sriwijaya yang berhasil mencetak gol terlebih dahulu melalui Asri Akbar pada menit ke-43. 1-0 (agregat 2-1) untuk Sriwijaya.
Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.
Memasuki babak kedua, Sriwijaya tetap mempertahankan tempo lambat dan tak tergoda melancarkan serangan-serangan cepat untuk menambah keunggulan. Sementara stamina Arema tampak mulai menurun.
Hingga 20 menit jelang berakhirnya waktu normal, jalan Sriwijaya ke final tampaknya akan mulus hingga saat terciptanya gol spektakuler Lancine Kone di menit 73. Menerima umpan lambung, Kone melakukan tendangan salto untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.
Namun kedudukan imbang tak bertahan lama. T.A. Musafry membawa Sriwijaya kembali unggul di menit ke-78. Skor 2-1 bertahan hingga akhir pertandingan. (dedi)

Artikel Terkait