PALI — Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Grasstrack Region Sumatera putaran kedua Sumatera Selatan dan Kejuaraan Daerah (Kejurda) I Bupati PALI Cup yang dilaksanakan 15 dan 16 April 2017 di sirkuit Talang Kerangan Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) telah sukses dilaksanakan.

Pemenang pun berhasil merebut puluhan juta rupiah serta tiga unit sepeda motor serta puluhan trophy yang disediakan panitia,dimana ada 10 kelas yang dipertandingkan oleh ratusan crosser dari berbagai wilayah di Indonesia dan dari lokal provinsi Sumatera Selatan.
Kejurnas ini diikuti 300 peserta yang terdiri dari 130 peserta dari luar wilayah Sumsel, diantaranya provinsi Lampung,Jambi, Pangkal Pinang,Riau,Jawa Barat dan Jawa Tengah,sementara sisanya dari pembalap lokal di kabupaten PALI yang tergabung pada Heri Amalindo Racing Team (HART).
” even-even seperti ini yang telah digelar diberbagai daerah,tetapi dari awal perencanaan sampai saat ini, antusias masyarakat yang di support penuh oleh pemerintah daerahnya disini paling tinggi.Pada Kejurnas Grasstrack Region Sumatera ini,sirkuitnya sengaja dibuat beda dengan sirkuit yang telah ada,sesuai standar internasional.Dan untuk grand finalnya nanti,saya tawarkan kepada Kabupaten PALI untuk bisa menggelar disini.Tetapi harus memenuhi standar yang ditentukan,minimal lahannya seluas 5 hektare,” beber Adi Yan Ansa, perwakilan Pengurus Pusat (PP) Ikatan Motor Indonesia (IMI)
Sementara itu,Bupati PALI menyambut tawaran perwakilan PP IMI.Ia mengungkapkan bahwa Kabupaten berjuluk Bumi Serepat Serasan siap menjadi tuan rumah grand final Grasstrack Nasional di enam Region.
“Kami siap jadi tuan rumah grand final Grasstrack,hari ini ditandatangani kepastian itu,besok akan kami kerjakan untuk membuat sirkuitnya,masalah lahan kami siapkan.Sebab di sini,seluruh pegawai tidak boleh lelet,harus bekerja cepat bahkan harus lari untuk mengejar ketertinggalan,” ungkap Heri Amalido.
Dengan menggelar even-even tingkat provinsi bahkan nasional,dijelaskan Bupati bahwa akan banyak membawa manfaat bagi Kabupaten yang baru memasuki usia ke-4 ini.
“Kabupaten ini baru tiga tahun dan akan memasuki usia empat tahun, tetapi sudah dipercaya IMI untuk menggelar event nasional.Dengan kepercayaan ini, kesempatan kita untuk mengenalkan potensi PALI agar bisa menarik investor.Even seperti ini juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar.Sebab,pastinya akan banyak datang orang-orang luar wilayah kita,baik sebagai peserta atau hanya untuk menonton,” jelasnya.
Bupati mengajak semua masyarakat PALI agar bisa mendukung kegiatan ini serta menjaga kebersamaan, juga sambut tamu yang datang dengan ramah,agar PALI dikenal diluar sana,tak hanya miliki potensi Sumber Daya Alamnya (SDA) yang melimpah,tetapi juga masyarakatnya ramah tamah.
“Suksesnya acara ini perlu didukung semua elemen masyarakat,dan dengan adanya even seperti ini otomatis perekonomian masyarakat serta dunia usaha akan meningkat, warung-warung bakal ramai, hotel dan penginapan bakal penuh.Untuk peserta juga,saya berpesan agar menjaga sportifitas,buat ajang ini untuk saling kenal satu sama lain,” pesan Bupati.
Pada Even tersebut dibuka dan ditutup langsung Bupati PALI Heri Amalido,Minggu (16/4).
“Terimakasih telah mengikuti ajang ini dengan tertib , untuk crosser yang mengalami kecelakaan,semua biaya perobatan akan kami tanggung.Insyaallah Oktober nanti grand final akan dilaksanakan di PALI,karena kami siap gekar kejuaraan tersebut.Selamat bagi yang menang,dan selamat jalan bagi peserta dari luar PALI,” ucap Bupati saat menutup kejuaraan balap motor ekstrim tersebut.
Terpisah,Junaidi Anuar menyebutkan jumlah peserta pada Kejurnas Grasstrack Region Sumatera ini ada 300 peserta.
“Peserta itu yang telah terdaftar dari berbagai wilayah serta peserta lokal.Untuk sirkuit,kami datangkan langsung konsultan dari Riau,agar sirkuit ini beda dengan yang lain.Ada tiga nama pembalap nasional yang  dari provinsi Lampung dan Jawa Tengah,” terangnya.
Untuk hasil akhir Kejurnas Grasstrack Region Sumatera dan Kejurda I Bupati PALI Cup dihasilkan pemenang yang berhak membawa pulang Hadiahnya,yaitu  juara I dikelas bebek standar 2L 116cc/ 4L 130cc pemula, Kombek dari Lampung.Juara I kelas bebek modifikasi 4L 110cc junior, Rony Aja dari Lahat.
Juara I di kelas bebek modifikasi 4L 125cc  junior, Rony Aja dari Lahat.Juara I bebek modifikasi 4L 110cc senior Aa Topan dari Betung.
Juara I kelas trail 115cc,Wicak Sambera dari Lampung.Juara I kelas FFA 2L 155 CC/4L  250cc lokal Sumsel,Dewa dari PALI.Juara I kelas bebek standar 2L 116 cc pemula lokal,Ivan Geboy dari Indralaya.Juara I kelas FFA 2L 155 cc/4L 250cc senior Sumsel,Rony Aja dari Lahat.Juara I kelas FFA 2L 155cc/4L 250cc lokal PALI, Satria TC dari Sinar Dewa Kecamatan Talang Ubi PALI. (Yudhi)

Artikel Terkait