PALI — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy melakukan kunjungan kerjanya ke Bumi Serepat Serasan, Senin (20/3). Mendikbud datang ke Kabupaten PALI didampingi Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki dan disambut hangat oleh Bupati PALI Heri Amalindo, Wakil Bupati PALI Ferdian Andreas Lacony, Sekda PALI Robby Kurniawan, ketua DPRD PALI Soemarjono, Kapolres Muara Enim diwakili Kabag ops, kepala kejaksaan negeri PALI, dan sejumlah tokoh masyarakat kabupaten PALI.
Mengawali kunjungannya, Mendikbud hadiri acara tatap muka dengan Forkopimda, kepala sekolah, guru dan penggiat pendidikan di kabupaten PALI yang digelar di gedung Arsendora komplek Pertamina Pendopo. Di acara tersebut, Mendikbud berjanji akan menaruh perhatian terhadap dunia pendidikan di Daerah Otonomi Baru (DOB) PALI.
“Tentu saja kami menaruh perhatian, karena Kabupaten ini masih baru dan perlu bantuan dari semua pihak, sebab Kabupaten ini masih baru agar bisa cepat sejajar dengan daerah-daerah lainnya,” ucap Mendikbud.
Dijelaskan Mendikbud, bahwa saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya membangun prasarana yang bisa memperlancar jangkaun atau  akses pada masyarakat, termasuk aktivitas ekonomi sehingga arus barang dan arus orang bisa lancar tidak mengalami hambatan sehingga percepatan pertumbuhan ekonomi bisa meningkat.
“Salahsatu yang gencar dibangun adalah membangun karakter manusia, dimana tugas ini adalah menjadi tugas menteri pendidikan,” imbuhnya.
Mendikbud juga berpesan keoada Pemerintah Kabupaten PALI agar jangan sampai lupa atau lalai dalam membangun dunia pendidikan.
“Tentu saja ini harus ditangani dengan baik, apabila kalau tidak ditangani dengan baik maka kita tidak bisa membangun karakter bangsa yang baik pula. Pemerintah Kabupaten PALI jangan lengah, tetapi harus terus perhatikan dunia pendidikan baik infrastruktur dan sarana serta prasarananya,” pesannya.
Sebagai bentuk perhatian dunia pendidikan di kabupaten PALI, Mendikbud bakal berkoordinasi dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.
“Kami akan perhatikan dan akan tangani pendidikan di Kabupaten PALI. Kita akanKoordinasi dengan Pemerintah provinsi dan pemerintah pusat,” janjinya.
Mendikbud juga puji Bupati PALI yang sudah banyak menunjukan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan di wilayah Bumi Serepat Serasan.
“Tadi saya jalan-jalan, dan melihat beberapa sekolah, dan saya lihat bangunannya lumayan terawat dengan baik. Saya apresiasi Bupati yang telah berupaya memperhatikan pendidikan di kabupaten ini meskipun masih baru. Sebab, cermin Pendidikan yang baik terlihat dari bangunannya,” pujinya.
Sementara itu Bupati PALI menginginkan dengan datangnya Mendikbud di kabupaten PALI bisa menambah semangat para guru juga pelajar dalam menimba ilmu.
“Kami berharap, kedatangan pak menteri ke bumi Serepat Serasan bisa membawa dampak yang positif. Apalagi beliau datang ke sini membantu kita berupa 8000 meja belajar dan janji akan membangun dua SMK serta bakal menambah ruang kelas baru,juga membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP), semoga menambah semangat para guru dan pelajar,” ucapnya.
Ditempat sama, Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki memaparkan bahwa provinsi Sumsel telah melakukan program sekolah gratis sebagai bentuk kepedulian Pemprov akan peningkatan pendidikan.
“Pemprov juga telah bangun sekolah olahraga negeri dan sekolah pariwisata negeri sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam peningkatan pendidikan. Sumsel bukan provinsi kaya tapi telah mampu menerapkan program sekolah gratis dan berobat gratis,” paparnya.
Usai melakukan tatap muka, Mendikbud dijadwalkan akan mengunjungi beberapa sekolah serta Candi Bumi Ayu yang ada di kecamatan Tanah Abang,sebelum Mendikbud mengakhiri kunjungannya di kabupaten PALI. (Yudhi)

Artikel Terkait