PALEMBANG — Hingga saat ini Sumatera Selatan masih dalam kondisi aman dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Meskipun masih ad kabut tipis yang menyelimuti udara di wilayah Sumsel.

Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi III Badan Nasional Penanggulangi Bencana (BNPB) Hermensyah, Jumat (02/9) dalam rapat teknis dan evaluasi harian di Posko Karhutla. Menurutnya, Sumsel telah bekerja keras dengan menurunkan personil penanggulangaan Karhutla ke lapangan. “Saya senanglah kondisi seperti ini, mudah mudahan tahuni ini tidak terjadi bencana asap” ungkapnya.

Dikatakan dia, Walaupun curah hujan sudah mulai turun, namun semua pihak tetap harus waspada dan siap siaga selalu untuk pencegahan Karhutla. Karena keberhasilan yang dicapai bukanlah memadamkan kebakaran tetapi melakukan pencegahan terjadi kebakaran.

Bercermin dari pengalaman tahun lalu, yang terjadi bencana kabut asap besar-besaran, pemerintah telah mengantisipasinya dengab menyiapkan satuan siaga  darurat Karhutla. Dengan demikian, kedepannya diharapkan tidak terjadi lagi Kabut Asap.

“Kalu sudah terjadi padamkan api hilangkan asap itu misi utamanya, Kita utamakan pencegahan terutama perusahaan, bagaimana jaminan daerah-daerah tidak terjadi kebakaran,” tegasnya. (juniara)

RelatedPost