Kapten PON Sumsel Merapat Ke SFC

Sriwijaya FC mendapatkan suntikan tenaga segar jelang bergulirnya kompetisi Indonesian Soccer Champonship (ISC) 2016. Kapten tim PON Sumsel, Andes Adinata merupakan pemain terakhir yang didaftarkan untuk menjadi bagian dari skuad laskar wong kito untuk mengarungi kompetisi ISC.

Didaftarkannya Andes diakui pelatih SFC, Widodo C Putro merupakan salah satu antisipasi pihaknya pasca cederanya beberapa pilar di lini belakang. Setelah Thierry Gauthessi yang harus menepi karena masih dalam perawatan tim dokter pasca terkena sakit, giliran Achmad Hisyam Tolle yang juga dipastikan absen di 2 laga awal ISC karena terkena cedera.

“Tolle memang terkena cedera di latihan terakhir tim di Palembang, Kamis (28/4) pagi kemarin. Setelah diperiksa oleh tim physiotheraphy, dipastikan dia harus absen saat melawan Persib (30/4) besok, sementara di laga kedua melawan Persiba Balikpapan (6/5) mendatang, kemungkinan juga belum pulih 100 persen,” jelas eks pemain timnas Indonesia ini.

Menurutnya, pasca cederanya Thierry dan Tolle, maka dirinya kekurangan pemain di lini belakang khususnya di posisi stopper. “Sekarang kami hanya punya 3 pemain yang siap pakai, yakni Achmad Jufrianto, Ngurah Nanak dan Fahrudin. Sementara Jupe sendiri kemungkinan akan lebih banyak saya mainkan sebagai gelandang bertahan, jadi perekrutan Andes ini juga untuk menambal posisi tersebut,” tambahnya.

Sebelum memutuskan merekrut Andes, pihaknya pun sudah berkomunikasi terlebih dulu dengan pelatih PON Sumsel, Rudy Keltjes. “Kami juga meminta masukan dari beliau, karena kami butuh pemain yang cepat bisa beradaptasi dengan tim dan om Rudy merekomendasikan Andes, apalagi sebelumnya Andes bernah berpasangan dengan Fahrudin sewaktu menghadapi Starbol Indonesia, selain itu di tim SFC saat ini juga banyak rekan setimnya dulu dari SFC U21,” ungkap WCP.

Sementara itu, Andes sendiri mengaku cukup kaget mendapat panggilan dari pelatih SFC senior. “Saya masih fokus untuk PON nanti, karena target kami jelas ingin mencetak sejarah merebut medali emas nantinya. Namun panggilan ini juga sebuah kebanggaan buat saya dan saya akan berusaha memberikan yang terbaik, berlatih bersama pemain berpengalaman juga akan meningkatkan kemampuan saya di lapangan nantinya,” ujarnya singkat saat dikonfirmasi Jumat (29/4) sore. Andes sendiri sudah bergabung bersama tim SFC dan turut dalam sesi uji coba lapangan di stadion Si Jalak Harupat, Jumat (29/4) pagi.

Sekretaris tim SFC, Achmad Haris menambahkan bahwa perekrutan Andes juga sebagai bukti bahwa pihaknya sangat peduli dengan pengembangan pemain muda dan binaan sendiri. “Andes sudah 2 musim bermain di SFC U21 dan produk asli Sumsel, SFC sendiri mentargetkan kedepan skuad tim akan dihuni oleh mayoritas putra daerah. Saat ini sendiri sudah ada 8 pemain yang merupakan alumnus SFC U21,” jelasnya singkat.

 

Artikel Terkait