PALEMBANG — Kemenangan Sriwijaya FC atas Persegres Gresik United, Kamis (13/10) sore di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang menyisakan banyak cerita. Tidak hanya menghasilkan 3 poin yang sukses membawa SFC merangsak naik ke peringkat kedua klasemen sementara Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, namun juga kado indah ‘perpisahan’ Keith Kayamba Gumbs.

Pelatih fisik laskar wong kito ini memang harus meninggalkan Palembang dan pulang ke Australia untuk sementara waktu. Legenda hidup SFC ini pun sudah bertolak dari bandara SMB II Palembang dan menuju Sydney dengan penerbangan transit melalui Jakarta dan Singapura, Jumat (14/10) malam.

Saat dikonfirmasi, Kayamba membenarkan bahwa dirinya memang harus meninggalkan skuad SFC untuk sementara waktu. “Saya harus pulang ke Australia kurang lebih selama 2 minggu karena harus mengikuti kursus kepelatihan lisensi B AFC,” jelasnya saat dihubungi Jumat (14/10) malam.

Menurutnya, sebelum memutuskan bergabung dengan SFC awal musim ini, dirinya sudah jauh-jauh hari mendaftar di kursus kepelatihan ini. “Karena itu tidak mungkin saya batalkan dan saat negosiasi dengan SFC dulu saya sudah katakan dan jelaskan mengenai kondisi ini. Saya bersyukur SFC memberikan izin,” ungkap pencetak gol terbanyak untuk SFC sepanjang masa ini.

Kursus kepelatihan sendiri diakuinya akan dilaksanakan di Canberra dan berlangsung hingga akhir bulan ini. “Saya juga sudah membawa rekaman video proses latihan SFC selama ini, karena memang salah satu syaratnya saya harus mempunyai rekaman visual latihan yang sudah dilakukan,” ungkapnya.

Terkait skuad SFC yang akan ditinggalkannya selama hampir 2 minggu ini, Kayamba mengaku sudah menyiapkan program bagi seluruh pemain. “Selain program keseluruhan tim, saya juga memantau perkembangan per pemain. Saat di Palembang, saya juga tunjukkan aplikasi smart coach kepada mereka sehingga mereka cukup memberitahu hasil latihan mereka dan akan langsung terpantau progress mereka secara individu. Saya pun percaya mereka tetap akan bisa menjaga kondisi seperti biasa,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kayamba juga menyebut akan kembali ke Palembang dan bergabung ke SFC pada 2 November mendatang. “Ada 2 partai yang harus saya lewatkan, namun akan saya pantau mereka streaming sehingga tahu perkembangannya. Semoga SFC sukses meraih hasil positif nantinya dan saat melawan Semen Padang nanti sudah beraktifitas seperti biasa,” pungkasnya. (dedi)

RelatedPost