LAMONGAN — Sriwijaya FC kembali menuai hasil negatif setelah dikalahkan Persela Lamongan dengan skor 2-1, Kamis (1/6) malam di stadion Surajaya Lamongan. Dengan hasil ini laskar wong kito masih terbenam di peringkat 13 klasemen sementara dengan poin 11.

Hasil ini sendiri semakin membuat posisi Oswaldo Lessa di skuad SFC semakin terancam. Desakan agar pelatih asal Brasil ini mundur pun semakin keras.

Usai pertandingan, Lessa menyebut anak asuhnya kehilangan fokus di babak kedua setelah sempat lebih dulu unggul. “Kami dihukum oleh 2 set piece, seharusnya hal itu tidak boleh terjadi,” ungkapnya usai pertandingan.

Dirinya pun menolak anggapan bahwa kekalahan anak asuhnya di laga ini dikarenakan banyaknya pemain SFC yang terkena cedera. “Saya harus apresiasi kerja keras pemain, konsistensi memang menjadi PR kedepan, tetapi kami mesti cepat bangkit,” tegasnya.

Sementara itu, pelatih Persela mengaku sebelum laga pihaknya sempat khawatir karena 2 pilar asingnya yakni Rosario dan Ivan Carlos absen. “Namun saya terus mengatakan ke pemain bahwa mereka juga punya kualitas dan bisa mengalahkan lawan,” ungkapnya.

Setelah sempat kebobolan lebih dulu, dirinya pun secara khusus meminta kepada kapten tim untuk tetap tenang. “Memang ada perbedaan, pemain asing lebih fokus dan tidak panik. Namun kami bersyukur mereka bisa membalikkan keadaan,” tambahnya.

Jalannya pertandingan

Di babak pertama, tempo pertandingan berlangsung lamban. Kedua kesebelasan terlihat berhati-hati dalam melakukan serangan dan lebih banyak saling menunggu.

Tuan rumah sempat mengancam lebih melalui legiun asing asal Jepang, Kosuke Yamazaki di pertengahan babak pertama. Namun tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih mampu ditepis dengan baik oleh penjaga gawang SFC, Sandi Firmansyah.

Saat akan memasuki injury time, wasit yang memimpin pertandingan, Hamsir (Balikpapan) terpaksa harus diganti karena mengalami cedera. Posisinya sebagai pengadil di lapangan akhirnya digantikan wasit cadangan Asep Yandis (Karawang) dan skor imbang tanpa gol menutup 45 menit babak pertama.

Di awal babak kedua, pelatih SFC Oswaldo Lessa langsung melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Nur Iskandar dan menarik keluar Maldini Pali guna menambah daya gedor. Hasilnya pun langsung terlihat di menit 58 saat akselerasinya mampu diselesaikan dengan baik oleh Alberto Goncalves sekaligus menbawa SFC unggul sementara.

Namun skor ini tidak bertahan lama karena 5 menit kemudian tuan rumah mampu menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti Syamsul Arif. Hukuman tendangan ini diberikan wasit setelah Ichsan Kurniawan menyentuh bola di kotak terlarang.

Bahkan Laskar Joko Tingkir bisa berbalik unggul di menit 72 sundulan Aang Suparman memanfaatkan tendangan sudut. Meski sudah berusaha membalas, namun SFC gagal menambah gol dan skor akhir 2-1 untuk kemenangan tuan rumah. (dedi)

Artikel Terkait