PALEMBANG — Menjelang bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Selatan (Kadisperindag Sumsel) Permana melaksanakan sidak ke sejumlah pasar tradisional di Palembang dan tempat pemotongan hewan di kawasan Gandus.
“Sidak ini untuk memastikan kesiapan stok sembako atau sembilan bahan pokok termasuk daging dan sayur-sayuran. Dari pemantauan langsung di sejumlah pasar ditemukan harga-harga mulai merangkak naik,” kata Permana.
 Menurutnya, kenaikan karena permintaan konsumen mulai meningkat sementara stok di pasar belum ada tambahan. “Memang ada harga yang mulai naik dari sebelumnya, namun masih dalam kewajaran karena permintaan mulai meningkat menjelang bulan suci Ramadhan.”
Di Pasar Cinde, Permana menemukan harga daging saat ini sudah mencapai Rp120.000 per kilogram. Menurut Permana, harga daging tersebut masih wajar mengingat belum ada pasokan daging yang mencukupi untuk kebutuhan yang sudah meningkat seperti yang terjadi saat ini.
“ Ya benar harga daging seharusnya di kisaran Rp110.000 per kilogram, namun kalau ada harga Rp120.000 per kilogram itu juga masih relatif normal karena pasokan dari tempat pemotongan yang belum mencukupi, sementara permintaan mulai meningkat,” ujar Permana.
Pemantauan dilakukan Permana dengan mendatangi Pasar Cinde, Pasar KM 5 dan tempat pemotongan hewan di Kecamatan Gandus serta gudang beras Pegayut. (tari)

Artikel Terkait