PALEMBANG — Menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri, Perum Bulog Divre Sumsel Babel menjamin ketersediaan stok kebutuhan bahan pokok di Palembang.

Perum Bulog Sub Divre Sumsel Babel telah menyiapkan 52.000 ton beras yang diklaim dapat menanggung kebutuhan beras selama 6 bulan ke depan.

Kepala Bulog Sub Divre Sumsel Babel, Bakhtiar A.S mengungkapkan, saat ini harga beras dari Bulog masih berada dikisaran harga Rp 9.000 per kilogram. Sedangkan dipasaran berkisar antara Rp10.000 hingga Rp 11.000 per kilogram.

Sementara, untuk ketersediaan bahan pokok yang lain, Bakhtiar meyakinkan dalam kondisi memadai. Dikatakannya, Bulog telah menyiapkan beberapa komoditi lain yakni daging sapi, tepung, gula pasir, bawang putih, telur ayam dan minyak goreng.

“Harga komoditi yang disiapkan oleh Bulog, telah ditetapkan berdasarkan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang diatur Pemerintah. Seperti halnya harga daging sapi Frozen yang dijual seharga Rp80.000 per kilogram, gula pasir 12.500 dan minyak goreng yang dijual dengan harga masing-masing Rp11.250 per kilogram hingga telur ayam yang dipatok seharga Rp18.500 per kilogram,” kata Bakhtiar , Rabu (17/5).

Untuk menyikapi harga dan ketersediaan bawang putih yang didatangkan langsung dari Jakarta , Bakhtiar menjelaskan bahwa pihaknya sudah menyiapkan pasokan dan akan terus melakukan koordinasi dengan Bulog Pusat dan Bulog yang ada di kabupaten kota.

“Sampai saat ini kami sudah menyediakannya,kesediaan barang komoditi yang di butuhkan masyarakat menjelang ramadhan dan idul Fitri dan semua untuk kesediaan akan aman ,”katanya.

Adapun kenaikan harga yang mulai menonjak di pasar tradisional kita akan melakukan operasi pasar untuk agar harga stabil dan salah satunya program yang kami lakukan juga gerakan stabilisasi pangan. (dedi)

Artikel Terkait