Meski masih turun di turnamen Piala Bhayangkara, namun manajemen Sriwijaya FC tetap fokus mempersiapkan tim menyongsong kompetisi Indonesian Soccer Championship (ISC) yang direncanakan digelar pertengahan April mendatang. Salah satunya adalah dengan menyodorkan kontrak baru bagi seluruh punggawa laskar wong kito terkait bergulirnya kompetisi tersebut.

“SFC adalah tim besar di Indonesia dan kita sangat patuh terhadap aturan ataupun regulasi di dunia sepakbola nasional. Di turnamen yang diikuti, kita selalu memberikan kontrak dan gaji yang bahkan diatas ketentuan dari PSSI, maka dari itu dengan adanya rencana bergulirnya kompetisi ISC maka kita duduk bersama dengan pemain untuk membahasnya secara bersama-sama,” jelas manajer SFC, Nasrun Umar saat dihubungi Sabtu (19/3) sore di Bandung.

Pembicaraan yang diadakan usai jamuan makan siang di salah satu restoran di Bandung ini pun menghasilkan beberapa kesepakatan penting. Salah satunya adalah rasionalisasi nilai kontrak apabila kompetisi ISC benar-benar akan bergulir nantinya. “Dari hasil pertemuan ini, maka kita sepakat untuk memberikan kontrak dengan durasi yang lebih panjang dan berbeda dengan selama ini. Jika untuk turnamen mereka hanya diikat sekitar 3 bulan, maka kedepan kita langsung berikan kontrak selama setahun atau semusim kompetisi,” jelasnya.

Selain durasi kontrak yang lebih lama, gaji yang akan diterima Firman Utina dkk pun juga akan mengalami perubahan. “Itu sudah otomatis, jika kompetisi sudah berjalan maka bisa saja gajinya kembali normal. Bukan seperti saat ini yang hanya 40 persen dari jumlah yang biasa mereka terima kalau liga berjalan,” tambahnya.

Menurutnya, kebijakan ini pun berlaku untuk 4 pemain asing yang saat ini dimiliki oleh SFC yakni Thierry Gauthessi, Yu Hyun Koo dan duo Brasil, Hilton Moreira serta Alberto Goncalves. “Hal ini kita lakukan agar pemain merasa nyaman saat bermain untuk SFC, jadi fokus mereka hanya berlatih dan memberikan yang terbaik saat turun ke lapangan, apalagi beberapa pemain kita saat ini mulai dilirik oleh klub-klub lain,” tambahnya.