PALEMBANG — Pelatih Sriwijaya FC, Oswaldo Lessa mengaku tetap fokus mempersiapkan timnya jelang laga berat melawan Mitra Kukar, Rabu (7/6) malam di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dan enggan memikirkan hal lain di luat pertandingan. Namun arsitek asal Brasil ini menyatakan sudah tahu resiko yang akan dihadapinya bila nantinya Alberto Goncalves gagal meraih kemenangan atas skuad Naga Mekes.

“Ini laga sangat penting, apalagi bagi saya karena jika gagal menang maka saya pasti akan keluar dari SFC. Namun jika ditanya apakah saya tertekan, maka jawabannya tidak. Kondisi seperti ini biasa di dunia sepakbola, saya justru khawatir bila para pemain yang merasakan hal tersebut. Tapi saya senang karena pemain menunjukkan gairah tinggi dan bersemangat menghadapi laga melawan Mitra nanti,” ungkapnya saat ditemui usai sesi latihan di stadion GSJ, Senin (5/6) sore.

Menurutnya, pencoretan merupakan resiko yang pasti akan dihadapi pesepakbola atau pelatih sepakbola professional. “Saya sudah katakan ke pemain, di situasi seperti ini maka yang bisa membantu adalah diri sendiri. Saat di lapangan, mereka harus fokus dan eprcaya diri bahwa bisa melakukan yang terbaik,” tegasnya.

Terkait mental para pemain, diakuinya sesuatu yang lumrah terjadi bila berada dalam kondisi yang kurang baik maka akan terjadi penurunan. “Saya terus katakan bahwa mereka punya kualitas, fisik bagus dan hanya harus fokus ke taktik nantinya. Kita tidak boleh terus melihat ke belakang karena waktu tidak akan kembali, tidak akan selesai jika terus membahas apa yang terjadi sebelumnya,” ujar eks pelatih Persipura ini.

Dirinya pun menolak bahwa hasil negatif selama ini dikarenakan banyaknya pemain SFC yang absen karena cedera. “Yang terpenting bagaimana kita memperbaiki kesalahan sebelumnya. Tidak boleh mengatakan kalah karena ada pemain cedera, namun semua tahu kemarin sempat ada masalah dengan wasit, lalu beberapa kali terjadi kesalahan sendiri. Sekarang konsentrasi kita memastikan hal itu tidak terulang saat melawan Mitra nanti,” tambahnya.

Melawan Mitra, Lessa sendiri menyebut dirinya sudah menyiapkan beberapa formasi strategi untuk memforsir kemenangan. “Evaluasi laga sebelumnya adalah di lini tengah atau depan kita terlalu muda kehilangan bola, itu bahaya karena lawan bisa menyerang balik dengan cepat. Tapi saya senang karena di SFC banyak pemain yang bisa masuk dan membantu dari bangku cadangan, seperti Nur Iskandar, Rizky Dwi Ramadhana, Airlangga atau Mushafry. Kemenangan harus kami amankan nanti,” pungkasnya. (dedi)

Artikel Terkait