PALI — Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten PALI menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) untuk melakukan penjaringan atlet pencak silat yang akan dipersiapkan pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2017 mendatang di Muara Enim.

Sebanyak 68 peserta dari delapan perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) tingkat dewasa yang digelar selama tiga hari ke depan bertempat di Gedung Orkes Komperta Pendopo, yang dibuka langsung Wabup PALI Ferdian Andreas Lacony, Jumat (12/8).

Irwan, ST ketua Pengkab IPSI PALI menuturkan bahwa ajang ini bukan hanya dijadikan sebagaian pencarian bibit pendekar pencak silat, tetapi juga untuk mempererat silarahturahmi antar atlet dari masing-masing perguruan. “Selain itu, atlet pencak silat pernah mengharumkan nama kabupaten PALI pada ajang porprov di Lubuklinggau lalu. Semangat dan prestasi ini yang kita pertahankan, kalau perlu kita tingkatkan, jangan hanya satu emas, tapi juga dua, tiga bahkan lima medali. Kuncinya satu, disiplin tekun dalam berlatih, dan yang pasti sering mengikuti turnamen seperti ini untuk mengasah kemampuan,” beber Irwan yang juga merupakan Ketua Komisi II DPRD PALI itu.

Lebih lanjut, Irwan juga siap memberikan hadiah kepada setiap atlet yang berhasil meraih medali emas pada ajang apapun. “Kita juga rencana akan mendirikan padepokan di kabupaten PALI. Dengan begitu, diharapkan akan bermunculan atlet-atlet pencak silat asli Bumi Serepat Serasan dan mampu menunjukkan prestasinya di tingkat Provinsi, bahkan tingkat Nasional,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati PALI Ferdian Andreas Lacony merasa bangga atas prestasi yang telah ditorehkan oleh cabor pencak silat. Menurutnya, ini adalah bukti bahwa kabupaten PALI memiliki bibit unggul.

Pihaknya juga sangat mendukung event-event olahraga seperti itu, karena bisa menjadi media untuk memerangi narkoba. “Jika ada atlet dari Kabupaten PALI yang bisa menorehkan prestasi pada turnamen tingkat provinsi, kami pastikan mereka (atlet, red) akan diberikan reward dari Pemkab PALI. Karena, ini bisa menjadi rangsangan untuk para atlet dan pemuda PALI untuk selalu berkarya dan menorehkan prestasi,” papar Ferdian.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini berharap prestasi pencak silat Bumi Serepat Serasan semakin cemerlang.

Terpisah, Hendri ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten PALI mendukung setiap event olahraga yang digelar setiap cabornya. “Kami mewakili ketua umum KONI Kab. PALI H. Heri Amalindo siap mendukung turnamen olahraga yang digelar di Kabupaten PALI. Tidak hanya itu, ke depan kami siap menyediakan fasilitas pendukung untuk setiap cabor,” tandasnya. (yudhi)

RelatedPost