PALEMBANG — Gubernur provinsi Sumatera Selatan, H. Alex Noerdin menerima kunjungan kerja Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI bidang Industri, Investasi, Persaingan Usaha yang diketuai H. Inas Nasrullah Zubir, BE, SE.

Dalam sambutannya, Alex mengungkapkan beberapa program yang telah berhasil dicapai oleh pemerintah provinsi (pemprov) Sumsel, terutama dalam bidang infrastruktur seperti light rail transit (LRT), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api serts persiapan menjadi tuan rumah perhelatan akbar Asian Games 2018.

Namun seiring dengan keberhasilan tersebut, Alex mengatakan masihbada persoalan yang dihadapi oleh provinsi Sumsel terutama untuk mengantisi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta akses jalan nasional yang masih mengalami kerusakan.

“Di Ruas Jalan Lintas Timur Sumatera terjadi kerusakan sepanjang 120 KM, itu perlu dibantu untuk segera diperbaiki,” ungkap orang nomor satu di Sumsel ini, Senin (27/2).

Sementara, Ketua rombongan Komisi VI DPR RI, Inas Nasrullah menegaskan akan segera menyikapi persoalan ini pada komisi V yang membidanginya.

“Walaupun ini tidak ada di Komisi VI tapi di komisi 5 dan akan kita sampaikan,” kata dia.

Menurutnya, kerusakan jalan yang terjadi di Jalan Lintas Timur sangat berdampak pada perekonomian masyarakat, apalagi perjalanan terganggu hingga 32 jam waktu terbuang sia-sia.

“Terlalu lama di jalan kualitas barang juga akan berkurang, apalagi yang diangkut adalah hasil bumi. Kalau kita lihat 32 jam itu selisihnya terlalu lama jadi biayanya cukup tinggi harus kita hitung kembali dan pemerinta harus peduli,” urainya.

Lebih lanjut Inas mengatakan, jika akses jalan akan telah diperbaik maka perekonomian masyarakat juga akan meningkat. “Akan kita usahakan agar jalan linta timur akan segera diperbaiki,” tutupnya. (juniara)

Artikel Terkait