PALEMBANG — Ribuan umat Hindu akan mengadakan karya Agung Panca Walikrama,  upacara penyucian diri dan jagad  yang merupakan kegiatan keagamaan tertinggi bagi Umat Hindu dan berpusat di kawasan Jakabaring Sport City.

Ketua Panitia, Ida Bagus Putu Suniatmadja, mengungkapkan bahwa  ini adalah kegiatan untuk mensucikan diri dan jagad raya serta mendoakan alam semesta.

“Disini kita umat Hindu berkumpul, nanti akan ada budayanya juga nilai sosialnya kita fokuskan pada kebersamaan,” jelas Suniatmadja usai menggelar pertemuan dengan gubernur Sumsel H. Alex Noerdin di Griya Agung, Rabu (01/03).

Dijelaskannya, kegiatan karya agung panca walikrama sudah mulai dilakukan sejak 29 Januari lalu dimana umat Hindu memantapkan diri untuk melakukan penyucian diri.

Lebih lanjut, Suniatmadja mengatakan Sumsel dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan ini dikarenakan lokasi Sumsel yang strategis dan umat beragamanya selalu rukun dan kondusif.

Senada dengan Direktur urusan agama Hindu, Dirjen Bimbingan Masyarakat Hindu Kementrian Agama, Drs. I Wayan Budha,  M Pd yang menuturkan bahwa lokasi Sumsel memang paling aman untuk menggelar kegiatan karya agung panca walikrama.

“Sumsel daerahnya kondusif,  kerukunan umat beragamanya terjamin dan event internasional sudah sering terselenggara dengan baik disini,” ujarnya.

Wayan Budha menyampaikan, pada kegiatan karya agung panca walikrama terpusat di jakabaring nanti akan ada 2000 peserta dari seluruh Indonesia.

“Yang akan datang masih kami rapatkan pada panitia. Mengenai kesiapan pak gubernur akan sesuai aturan membiayai kegiatan nantinya,” terangnya.

Ia menuturkan, jika sudah melakukan audiensi dari April. Kemudian keputusan menteri keagaman untuk diselenggarakannya acara ini ialah pada 6 hingga 10 juli 2017. Untuk koordinasi mengenai pawai di Jakabaring sampai dimana, apa dari Jakabring ke jembatan ampera atau sebaliknya itu keputusan panita.

“Keunikkannya bagaimana masyarakat hindu menyakini kitab sucinya dan menghayati menjadi keyakinan disamping juga pengaruh pengaruh bacaan kitab suci wedha,” ungkapnya. (juniara)

Artikel Terkait