Palembang- Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki menghadiri apel siaga pasukan dalam rangka pengamanan rencana unjuk rasa 2 Desember 2016 dan antisipasi kontijensi diwilayah Provinsi Sumsel, Apel berlangsung di halaman Mapolda Sumsel, Selasa (29/11).

gelar pasukan ini dipimpin langsung Kapolda Sumsel Irjen Pol Djoko Prastowo, dengan peserta apel terdiri dari Personil Polda Sumsel, Korem 044 Gapo, Lanud Palembang, Lanal Palembang, SAR, serta BPBD Provinsi Sumsel.

Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi terkait langkah antisipasi yang dilakukan Polda Sumsel bersama stakeholder lainnya dalam menciptakan suasana yang kondusif Sumsel.

“Alhamdulillah sampai saat ini Sumsel tetap aman dan terkendali, walaupun aman langkah antisipasi tetap perlu dilakukan, mari bersama kita jaga Sumsel yang kondusif,” ungkapnya.

Sementara, Kapolda Sumsel Djoko Prastowo mengatakan, intinya Polri dalam hal ini Polda Sumsel bersinergi dengan TNI, Pemerintah Daerah dan instansi terkait lainnya siap mengamankan Sumsel mulai dari Kota Palembang sampai keseluruh daerah Kabupaten/Kota di Sumsel.

“Semua menyatu dan siap menciptakan wilayah Sumsel yang aman dan kondusif, sehingga masyarakat tidak terganggu melakukan aktifitas,” ujarnya.

Terkait unjuk rasa 2 Desember di Jakarta, kata Djoko Prastowo, sejak satu minggu yang lalu pihaknya sudah mengirimkan 300 lebih atau sekitar satu Batalion personil dari Sat Brimob Polda Sumsel. “Jadi, kalau suatu waktu diperlukan kita siap bergerak,” tegasnya.

Dalam apel ini dilakukan pemaparan kemungkinan pergeseran  atau kesiapan anggota diantaranya, di Mapolda Sumsel disiapkan personil 2 SST (Special Security Team) dari Brimob, dan staf Kompi gabungan Polda Sumsel serta lainnya stanby 24 jam. Selain itu, antisipasi kontijensi didukung penuh TNI AD dalam hal ini untuk Kota Palembang Korem 044 Gapo.

Untuk antisipasi kontijensi diwilayah Kabupaten/Kota se-Sumsel, disetiap Polres disiagakan masing-masing 1 SST Pasukan Pengendali Masa (Dalmas). Selain disiagakan pasukan, jika dimungkinkan akan dilakukan Patroli bersama. (Rilis Pemprov Sumsel)

RelatedPost