PALEMBANG — Dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional pada 25 November. Gerakan nasional deteksi kanker serviks dan kanker payudara. Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) mengunjungi SMA Negeri 1 Palembang dalam rangkaian kegiatan “Gerakan Nasional Pekan Deteksi Dini Kanker Serviks” yang diharapkan dapat mengurangi banyaknya penyakit kanker serviks yang menyerang wanita di Indonesia.
Program ini diperkuat dengan adanya dukungan dari Iriana Joko Widodo selaku Ibu Negara. Banyaknya kasus kanker leher rahim di Indonesia menyita kepedulian Iriana selaku Ibu Negara. Setiap tahunnya 1,4 juta wanita di dunia dan sekitar 80% khususnya wanita di Indonesia terdeteksi kanker leher rahim.

Kegiatan ini dihadiri oleh Istri dari Menteri Pertahanan Noura Tristyana Ryacudu, Ratna Megawangi selaku istri dari mantan Menteri Perekonomian, Eliza Alex Noerdin selaku Ketua PKK, dan Wakil Ketua PKK Hj Tartila Ishak, serta Lesty Nurainy selaku Kepala Dinas Kesehatan Sumsel.

OASE yang dibina oleh Iriana dan Mufidah Jusuf Kalla adalah sebuah perkumpulan para pendamping menteri dan unsur eksekutif lain untuk memberikan upaya dan revolusi mental masyarakat Indonesia.

Noura Ryacudu mengatakan, sangat penting wanita melakukan deteksi kanker serviks sejak dini. Diharapkan nantinya dapat mewujudkan wanita Indonesia yang sehat dan produktif.

“Mengingat angka kematian yang tinggi pada kanker rahim dan kanker payudara diharapkan kedua kanker ini bisa dicegah dengan deteksi dini, maka dari itu Ibu Negara sangat memperdulikan masyarakat Indonesia dengan diadakannya Gerakan Nasional Deteksi Dini Kanker Serviks,” ujarnya.

Noura juga mengimbau ibu guru dapat berperan serta dalam menyebarluaskan informasi akan pentingnya deteksi dini kanker leher rahim dan payudara. “Semua harapan bisa tercapai jika semua wanita Indonesia sehat,” ujar Ibu Menhan.

Program deteksi dapat dilakukan dengan metode Inspeksi Visual Asam Aseta (IVA) untuk kanker leher rahim dan pemeriksaan kanker payudara secara klinis. “Program ini murah namun besar manfaatnya,” ucap Noura

Sementra itu, Eliza Alex Noerdin mengucapkan banyak terimakasih kepada team OASE karena diadakannya Gerakan Nasional Pekan Deteksi dini IVA dan SADANIS yang dimana Sumsel menjadi salah satu daerah yang dikunjungi.

Eliza juga mengatakan, dalam menyambut Hari Guru Nasional, tim OASE bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan guna mendeteksi dini kanker serviks dan kanker payudara.

“Diharapkan nantinya akan lebih banyak lagi perempuan usia produktif yang melakukan pemeriksaan deteksi dini IVA dan pemeriksaan payudara secara klinis (SADANIS) sehingga dapat menurunkan penderita kanker serviks dan kanker payudara di Indonesia khususnya Sumsel,” ucapnya.

Eliza memberikan penghargaan kepada Ibu Negara Iriana serta team OASE yang menjadi inisiator sehingga program ini jadi program yang berkelanjutan. “Saya harap dengan adanya kegiatan ini menjadikan wanita Indonesia kedepannya makin meningkat untuk mendeteksi kanker serviks ,” kata Ibu Eliza. (juniara)

RelatedPost