PALEMBANG —  Asisten Deputi Sumber Daya Mineral, Energi dan Non Konvensional, Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Amalyos Chan meninjau langsung pembangunan Integrated Cold Storage  ke lokasi PPI PUS Sungai Lilin Desa Teluk Kemang kecamatan Sungai Lilin kabupaten Musi Banyuasin,  dirinya mengharapkan nantinya Integrated Cold Storage ini menjadi Percepatan program proyek strategis nasional.

Kegitan ini bertujuan sebagai bentuk hilirisasi dalam pengelolaan sumber daya alam seperti ikan yang nantinya dapat menjadi sebuah pengembangan bisnis dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Selain itu juga peninjauan ini untuk melihat langsung proses penyelesaianya sehingga apabila terdapat kendala, khususnya terkait pemenuhan pasokan listilriknya dapat segera diatasi dengan bantuan dari semua pihak  terutama pemerintah daerah.

Dipilihnya sungai lilin, Muba ini juga merupakan lumbung ikan di Sumatera Selatan yang setiap tahunnya mampu menghasilkan 30 ribu ton yang diharapkan cold storage ini mampu menampung 30 ton dengan rata rata abs perharinya sebanyak 3 ton.

Meskipun adanya penghematan anggaran (self blocking)  dari pemerintah pusat, namun program ini masih akan  dilanjutkan pada tahun anggaran 2017 mendatang.

Ada enam jenis sarana dan prasarana yang akan dibangun  setelah self blocking yang tersebar di 61 kabupaten/kota dan 19 provinsi yakni, yang pertama Integrated Cold Storage 17 unit (dalam skala besar dan skala kecil), Single Cold Storage 17 unit, Ice Flake Machine (skala besar) 13 unit, Gudang Rumput Laut 6 unit, Pabrik Rumput Laut 9 unit dan Pabrik Tepung Ikan 3 unit. (juniara)

RelatedPost