PALEMBANG — Gubernur Sumatera Selatan Alex Noredin, setelah berhasil merebut dukungan dunia tentang inisiatif kemitraan pelestarian hutan berbasis lanskap, yang telah dipublikasikan di CoP 22 Maroko, kini di Barcelona Spanyol pada Forum Energi Eropa di Barcelona Alex Noerdin diminta memaparkan inisiatif Zero Emisi Kendaraan Hidrogen.

Pemaparan oleh Gubernur Sumatera Selatan tersebut dilakukan pada acara Utility Week yang merupakan ajang pameran inovasi baru tentang energi rendah atau zero emisi yang diikuti oleh negara-negara di Eropa yang mempunyai industri teknologi energi.

Sumatera Selatan bekerjasama dengan IMS Ecubes Norwegia telah merintis kerjasama penggunaan kendaraan hidrogen, suatu teknologi zero emisi yang tidak menggunakan bahan baku yang berasal dari fosil. Penggunaan kendaraan hidrogen ini akan dimulai pada saat berlangsungnya perhelatan Asian Games 2018.

Sumatera Selatan sangat diapresiasi oleh audiensi yang hadir, dimana satu-satunya provinsi yang ada di Indonesia yang mempunyai idea dalam upaya mengimplementasi komitmen CoP Paris 2015 yang lalu untuk secara bertahap mengurangi penggunaan energi fosil. Alex Noerdin menjelaskan bahwa Komplek Jakabaring Sport City sebagai komplek olahraga yang hijau dan rendah emisi.

IMS Ecubes menjadikan moment Asian Games Tahun 2018 sebagai show case pengggunaan kendaraan hidrogen yang zero emisi. Menurut Najib Asmani Staf Khusus Gubernur Sumatera Selatan yang hadir pada acara tersebut bahwa audiens memberikan apresiasi terhadap inisitif Gubernur Sumatera Selatan tersebut yang telah berpikir jauh ke depan tentang nasib generasi yang akan datang.

“Hal ini dalam mengantisipasi pemanasan global melalui kegiatan energi yang rendah atau zero,” katanya. (juniara)

RelatedPost