Laskarwongkito.com — Jika sudah menjelang akhit tahun seperti ini, pengennya bicara tentang tahun baru terus ya. Nah, kali ini, pernah nggak terpikir, wilayah mana saja sih yang ngerayain tahun baru duluan? Dan juga, siapa yang ngerayain tahun baru paling belakangan.

Penasaran kan? Makanya, kali ini tim LWK kumpulin informasi mengenai negara pertama dan terakhir yang rayakan pergantian tahun baru menurut perbedaan jamnya.Cekidot…

Tahun baru memang dirayakan di seluruh penjuru dunia pada malam 31 Desember. Namun perbedaan waktu di setiap negara membuat perayaan tersebut tak serempak terjadi di beberapa belahan dunia.

Negara pertama yang akan merayakan tahun baru ialah Republik Kiribati, ibukota Kiritimati.

kiribati

(Sumber foto: bp.blogspot.com)

Mereka akan merayakan tahun baru pada tanggal 31 Desember 2016, pukul 17.00 WIB.

Kiribati (berasal dari kata Gilberts) adalah negara kepulauan yang terletak di tengah samudra Pasifik. Populasinya kurang lebih sekitar 100,000 jiwa (2011). Negara kepulauan ini terbentuk oleh 32 atol dan 1 pulau karang. Total luas negaranya 3,5jt km2, terbelah oleh ekuator dan negara ini menjadi pembatas International Date Line, maka dia adalah negara paling timur.

Kiribati merdeka (dari jajahan Inggris) pada tanggal 12 Juli 1979. Sistem pemerintahannya adalah Republik Parlemen.

Nah itu yang pertama kali bakal ngerayain tahun baru nanti guys.

Lanjut, siapa yang terakhir bakal ngerayain?

Jawabannya, tentu ya gak jauh-jauh dari Kiribati, yaitu tetangganya sendiri.

Negara-negara terakhir yang akan merayakan tahun baru ialah American Samoa, Ibukota Pago Pago.

world_map

(Sumber foto: nyoozee.com)

Mereka akan merayakan tahun baru pada tanggal 1 Januari 2016, pukul 18.00 WIB. American Samoa adalahUnincorporated Territory dari Amerika Serikat. Unincorporated Territory sendiri adalah, istilah hukum di Amerika Serikat untuk wilayah-wilayah yang ada di bawah kepemerintahan Amerika Serikat tetapi bukan bagian/negara bagian dari Amerika Serikat.

Negara lainnya yang merayakan tahun barunya terakhir adalah Midway Island, Samoa, Niue, Jarvis Islands, Kingman Reef, dan Palmyra Atoll. Di mana satu jam sebelum mereka merayakan tahun baru, Hawaii sedang tahun baru.

Bukannya yang duluan itu Greenwich ya?

Bukan, guys. Greenwich itu titik nolnya. Nah GMT (Greenwich Mean Time) itu kan ada plus dan ada minus. Jadi GMT +14 (Kiribati) akan merasakan hari baru duluan. Sedangkan GMT -11 (Samoa, dll) akan merasakan hari baru paling akhir.

Indonesia ada di urutan berapa guys? Ternyata, Indonesia dan negara-negara lainnya yang ada di zona waktu yang sama adalah urutan yang ke-11 untuk merasakan hari baru. Indonesia sendiri ada di zona waktu GMT +7.

Wah, ternyata seru juga ya fren.. (red/dil)

RelatedPost