Laskarwongkito.com – Sungguh beruntung bagi kita yang tinggal di Palembang. Soalnya ada banyak aneka makanan khas di Palembang. Bahan-bahan yang digunakan pun terbilang biasa namun cara pembuatannya memang tak dipungkiri sangat memakan waktu. Hal tersebut biasanya dilakukan demi menghasilkan cita rasa yang enak.
Terbukti hingga saat ini makanan khas Palembang masih sering diminati dan ditemui di hari-hari besar seperti Idul Fitri, hajatan maupun acara besar lainnya. Tapi tau gak sih kalau pembuatan yang lama tersebut disebabkan oleh apa? Dan apa saja sih kue khas Palembang yang paling susah dibuat?

1. Kue Maksubah

makanan-susah-dibuat-maksubah

(Sumber foto: cdn-media.viva.id)

Kue berwarna coklat kekuningan ini biasa dinikmati pada acara besar, seperti pesta perkawinan dan Hari Raya Lebaran. Cara membuat kue ini harus dibuat dengan banyak telur, baik itu telur ayam maupun telur bebek. Itu demi tekstur kue yang super lembut. Kira-kira kalau satu loyang ukuran 20 sentimeter x 20 sentimeter bisa habis 20 butir telur ayam ataupun telur bebek. Dalam pembuatan kue ini dibutuhkan waktu 10 menit untuk setiap lapisan adonan yang sudah dimasukkan ke dalam oven. Itulah yang membuat kue ini menjadi lama dibuat namun memiliki cita rasa yang sangat kuat.

2. Kue Lapis Kojo

makanan-susah-dibuat-kojo

(Sumber foto: bukalapak.com)

Kue ini bahan dasarnya dominan santan, telur dan tepung dan pewarna alami. Pewarna yg digunakan adalah daun pandan dan daun suji (bukan pewarna sintetis). Dipanggang berlapis-lapis dengan menggunakan loyang (cetakan) berukuran 20 x 20 x 6 cm.
Sama dengan kue maksubah, kue lapis kojo juga memiliki waktu yang lama dalam pembuatannya, bahkan jika tidak pas pada takaran pembuatan, kue ini akan lengket di loyang.

3. Kue Engkak Ketan

makanan-susah-dibuat-engkak-ketan

(Sumber foto: resepcaramasak.com)

Bahan pada kue ini tepung ketan dan santan kelapa. Dipanggang berlapis-lapis dengan menggunakan loyang (cetakan) berukuran 20 x 20 x 6 cm. Untuk penyimpanan dalam waktu yang agak lama, agar awet dan tetap empuk, kue harus dikukus lagi lebih kurang 10 menit. Kue lapis engkak ketan ini membutuhkan waktu sekitar 5 jam-an. Hal itu disebabkan oleh proses pemanggangan kuenya yang selapis demi selapis.

4. Kue 8 Jam

makanan-susah-dibuat-lapan-jam

(Sumber foto: tiket.com)

Menggunakan telur bebek bahkan sampai 25 butir, kue ini dikukus dengan menggunakan loyang (cetakan) berukuran 20 x 20 x 6 cm selama 8 jam dan dipanggang di oven.
Jika waktu pengukusan kurang dari 8 jam, hasil kue akan menjadi tidak akan lembut dan kenyal, dan tekstur nya akan menjadi mudah hancur. Jangan lupa untuk menambahkan air mendidih ke dalam dandang kukus apabila air sudah banyak berkurang. Untuk menghasilkan kue yang tahan lama bakarlah kembali kue selama 10 menit.

5. Telok Ukan

makanan-susah-dibuat-telok-ukan

(Sumber foto: twimg.com)

Makanan yang hampir punah di Palembang ini memiliki proses pembuatan yang cukup rumit. Untuk proses pembuatan telok ukan yaitu telur di lubangi dengan jarum, isinya di keluarkan lalu dicampur dengan aneka bumbu, bahan yang digunakan telur ayam atau telur bebek, santan, dan kayu gabus.
Cangkang atas telur dilubangi, lalu dimasukkan air santan melalui lubang kecil tadi. Setelah itu ditutup pakai gabus hingga rapat, lalu dikocok hingga tercampur, barulah dikukus sampai masak.
Nah, kamu baru tahun kan? Kalo di balik lezatnya makanan khas Palembang tadi ternyata butuh waktu yang sangat lama untuk memasaknya. Makanya kita harus bangga dan jangan lupa untuk terus melestarikannya. (dil/red)

RelatedPost