PALEMBANG — Rangkaian kegiatan The First Asia Bonn Challenge High Level Rountable Meeting yang digelar di provinsi Sumatera Selatan akan mulai berlangsung pada hari ini, Senin (8/5) hingga Rabu (10/5) mendatang.

Dimulai dari pembukaan pameran yang diikuti oleh para akademisi, mahasiswa dan perusahaan yang berkaitan dengan lingkungan. Pameran tersebut akan berlangsung di halaman utama Griya Agung dan dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin.

Pada hari kedua kegiatan Bonn Challenge, para peserta yang berasal dari 27 negara akan diajak langsung meninjau lokasi restorasi lahan gambut sebagai contoh pelestarian alam yang dikategorikan cukup berhasil yakni di Sepucuk kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Selanjutnya, untuk kegiatan puncak pada hari ketiga akan diselenggarakan high level roundtable meeting seharian penuh di Griya Agung. “Mekanisme rapat ini sangat terbatas dan diikuti oleh 27 menteri lingkungan dari 27 negera yang ada di dunia,” ungka Plt Sekretaris Daerah provinsi Sumsel, Joko Imam Sentosa saat jumpa pers kegiatan Bonn Challenge di ruang rapat Bina Praja, Senin pagi (8/5).

The Bonn Challenge diluncurkan pada September 2011 dalam suatu acara di Kementerian Lingkungan Hidup yang diselenggarakan oleh pemerintah Jerman dan the International Union for Conversation of Nature (IUCN) serta didukung oleh organisasi kemitraan Global untuk pemulihan Landskap hutan.

Hingga saat ini, Bonn Challenge dengan komitmennya telah melestarikan lebih dari 50 juta hektar hutan dan lahan yang terdegradasi di Amerika Serikat, Ruanda, El Salvador, Kosta Rika, the Brazilian Mata Atlantica Restoration Pact, Guatemala, Republik Demokratis Kongo, Uganda, Kolombia dan Ethiopia.

Kegiatan Bonn Challenge ini diharapkan bisa berkontribusi terhadap restorasi landskap hutan yang akan membangun tujuan ganda antara kepentingan sosial dan lingkungan, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, membatasi keanekaragaman hayati, mempromosikan pembangunan berkelanjutan dan menghasilkan manfaat tingkat lokal, nasional dan internasional. (juniara)

Artikel Terkait