PALEMBANG — Mulai bulan Maret ini, gaji Pegawai Negeri Sipil PNS akan ditransfer langsung ke nomor rekening masing-masing. Oleh karena itu, setiap PNS diwajibkan memiliki rekening pribadi dan yang belum memiliki rekening tabungan, diminta segera membuka rekening tabungan.

Hal ini ditegaskan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumsel, Laonma P. Tobing. Dirinya mengungkapkan, sosialisasi mengenai pembayaran non tunai gaji ini sudah dilakukan sejak awal Januari lalu dan penerapannya dilakukan mulai bulan Maret ini.

“Bulan lalu kita beri toleransi dan bulan Maret ini saya tidak mau lagi (beri toleransi). Guru yang punya rekening, itu yang kita gaji. Yang tidak punya rekening, ya urus. Masa membuka rekening tabungan tidak selesai dua?” tegasnya pada awak media di Griya Agung, Selasa (07/03).

Dilanjutkan, jika sebelumnya gaji para PNS ditransfer melalui rekening sekolah, mualai sekarang para Aparatur Sipil Negara (ASN) harus membuka rekening pribadi lewat Bank Sumsel Babel.

“Mulai Maret ini, gaji harus ada rekening. Jika tidak ada, maka tidak saya cairkan,” tegasnya lagi.

Laonma menambahkan, jika di suatu daerah terpencil tidak ada bank, maka pengambilan gaji bisa melalui kantor POS.

Kebijakan transfer ini juga menurutnya merupakan salah upaya transparansi keuangan untuk menciptkaan birokrasi yang bersih.

“Berapapun uang yang tertulis di daftar gaji, itulah yang masuk ke rekening dia (PNS),” ujarnya.

Gubernur Susmel H. Alex Noerdin pun menegaskan, kebijakan transfer ini merupakan prosedur administrasi yang harus dipatuhi sleuruh PNS di wilayah Sumsel.

Meski dalam proses pembuatan rekening banyak terdapat kendala, Alex mengimbau PNS agar tetap mematuhi kebijakan ini.

“PNS harus punya rekening. Masalahnya memang banyak yang tidak punya rekening. Ada juga yang punya rekening, tapi banyak hutang di bank. Begitu ditransfer ke rekening yang bersangkutan, uangnya itu langsung menutupi defisit akibat hutang,” katanya.

“Ini prosedur admnistrasi. Kebijakan ini mulai bulan ini, bulan depan mungkin belum beres. Nanti lama-lama selesai, punya rekening semua,” singkatnya.

Diketahui, anggaran gaji bagi 9500 PNS di seluruh wilayah Sumsel mencapai Rp 75 miliar perbulan. (juniara)

Artikel Terkait