PALEMBANG¬†— Program unggulan yang diberikan setiap sekolah tentu berbeda karena ingin memberikan ciri khas tersendiri, seperti program iman dan taqwa (Imtaq) yang diterapkan di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 (SMAN 6) Palembang.

Wakil kesiswaan SMAN 6 Palembang, Elvi Martalinda mengatakan karakter sekolah berbasis Imtaq mulai diterapkan SMAN 6 Palembang sejak tahun 2002 lalu. “Namun secara resminya tahun 2012 karena baru mendapatkan surat keputusan (SK) dari walikota Palembang,” ungkapnya.

Menurutnya, sebuah lembaga pendidikan dikatakan telah memiliki sistem pendidikan yang berkarakter, apabila sistem pembelajarannya mengarahkan peserta didik untuk tahu saling menyayangi dan melakukan hal-hal yang mulia atau berperilaku baik menurut ukuran normatif di tengah masyarakat. “Jadi tidak hanya mengasah kemampuan akademis peserta didik tetapi juga memiliki lulusan yang cerdas dengan perilaku yang agamis,” jelasnya.
Ia mengatakan, SMAN 6 merupakan salah satu sekolah di Indonesia yang memiliki predikat penyelenggara kegiatan Pendidikan Agama Islam terbaik dan Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. “Dengan menyandang karakter sekolah berbasis imtaq, tentu secara keseluruhan kegiatan-kegiatan aktivitas yang digelar berbasis islami. Meskipun tidak menutup kemungkinan kegiatan diluar tema Islami seperti teknologi juga ada,” jelasnya.

Kegiatan seperti Mineral Cup, festival seni Islam, paduan suara nasyid, rohis, serta da’i dan membaca Al Quran berirama membuktikan bahwa SMAN 6 lebih konsen dengan pendidikan agama Islam sebagai pembimbing siswa agar kelak menjadi penerus bangsa yang bukan hanya mumpuni dari sisi pengetahuan teknologi namun juga ditunjang dari sisi pengetahuan agama.

Oleh karena itu, agar tercapainya target tersebut pihaknya menggunakan kurikulum terpadu antara kurikulum Dinas pendidikan dan kurikulum Kementerian agama sehingga ada kesimbangan pencapaian ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK) dengan iman dan takwa (Imtaq).

Selain itu, SMAN 6 juga membekali para siswanya dengan keterampilan hidup melalui pendekatan yang Islami, yakni pendidikan Al-Quran, pendidikan bahasa Arab & Inggris, Tahfidz Quran, pembinaan keislaman, seni budaya dan keterampilan serta ilmu komputer.

Elvi Martalinda mengharapkan konsep yang SMAN 6 gunakan mampu membawa sekolahnya lebih maju lagi dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain dalam mencerdaskan anak bangsa. (juniara)

RelatedPost