Palembang,Laskarwongkito.com-Dalam beberapa hari kedepan tim Sriwijaya FC kembali tidak didampingi oleh pelatih Rahmad Darmawan. Pasalnya, RD bersama 24 pelatih lainnya termasuk 4 dari luar negeri kembali mengikuti kursus kepelatihan AFC A Pro yang diselenggarakan di Jogjakarta. Kegiatan ini merupakan yang keduanya kalinya setelah sebelumnya dilaksanakan pada April lalu.
“Sekarang kami telah masuk ke modul 2, saya akan absen hingga 30 Juni nanti. Namun tidak masalah karena saya sudah menyiapkan program latihan kepada para asisten, dan sebenarnya saya pun akan tetap memantau dan terus berkomunikasi melalui grup di WA,” jelasnya saat ditemui usai sesi latihan di lapangan atletik Jakabaring Sport City, Kamis (21/6) sore.
Pelatih asal Lampung ini menyatakan akan meninggalkan Palembang, Jumat (22/6) menggunakan penerbangan langsung ke Jogjakarta. “Kebetulan saya mendapat jadwal interview yang pertama sehingga harus berangkat pagi,” tambahnya.
Menurutnya, kursus kepelatihan ini cukuplah berat karena selain berbasis pada IT, setiap peserta juga wajib mengerjakan sejumlah tugas lainnya. “Ada berupa bentuk makalah dan menganalisis setidaknya 10 pertandingan, cukup berat namun memang sangat berguna,” pungkasnya.
Kursus pelatih Pro AFC merupakan kursus level tertinggi lisensinya di tingkat Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Untuk Indonesia saat ini belum ada satu pun pelatih yang mengantongi sertifikat Pro AFC.
PSSI sendiri sengaja menyelenggarakan kursus ini sebagai persiapan salah satu persyaratan dari AFC bahwa nantinya pada tahun 2020 setiap pelatih di kompetisi profesional level teratas harus memiliki lisensi Pro AFC.

Artikel Terkait