PALEMBANG — Sebagai Main Dealer motor Honda, Astra Motor Sumsel mengadakan kompetisi keterampilan Safety Riding tingkat regional untuk advisor safety riding komunitas motor Honda di Palembang. Kompetisi ini digelar untuk mempersiapkan para kandidat instruktur dari Sumatera Selatan untuk mengikuti ajang Safety Riding Competition tingkat nasional yang akan diadakan pada Mei 2017 mendatang di Surabaya. Diikuti oleh 30 instruktur safety riding advisor community yang tergabung dalam Asosiasi Honda Motor Palembang (AHMP), kegiatan ini diadakan di MDTC dan Jakabaring Sport Center.

Komunitas yang mengikuti kompetisi safety riding tingkat regional ini berasal dari komunitas CBR 250 RR, Streetfire, Revo, BeAT, Spacy dan CS1. Astra Motor Sumsel menerapkan standard Nasional untuk menguji keterampilan peserta pada kompetisi safety riding tingkat regional ini yaitu peserta akan mengikuti ujian yang meliputi Coaching skill, Slalom Course dan Narrow Plank.

Coaching Skill dipakai untuk menguji kemampuan peserta dalam menyampaikan materi edukasi safety riding. Hal ini juga menjadi tolak ukur tingkat pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai  teori safety riding dengan benar. Ujian ini menjadi indikator kemampuan peserta dalam menjelaskan materi tersebut secara efektif kepada konsumen.

Selain diuji kemampuan menyampaikan materi Safety Riding, peserta juga diuji kemampuannya dalam menjaga keseimbangan saat berkendara dengan kecepatan tertentu pada uji Narrow Plank yaitu kecepatan yang ekstra pelan dengan tetap menjaga postur berkendara. Kemudian dilanjut uji Slalom Course yaitu keterampilan pengendaraan dan pengendalian setang kemudi dengan posisi berkendara yang benar.

Terdapat 2 kategori, yaitu kategori advisor Pria dan Wanita dari kalangan komunitas. Keberadaan instruktur safety riding wanita diharapkan dapat memberikan pendekatan yang lebih efektif dalam memberikan edukasi keselamatan berkendara bagi kalangan kaum hawa. Selain itu, advisor safety riding komunitas juga memegang peranan penting dalam menularkan virus safety riding ke berbagai kalangan komunitas sepeda motor Honda di Palembang.

Pada kegiatan ini dihasilkan 3 perwakilan safety riding advisor community kategori pria yaitu M. Fadli (Komunitas Honda BeAT Palembang), Febri (Komunitas City Sport Team) dan Timotius Yoel (Komunitas Honda StreetFire). Sedangkan dari kategori instruktur wanita hanya terdapat satu nama, Nyanyu Zahra (Komunitas Honda Spacy Palembang). Seluruh perwakilan dari safety riding advisor community ini akan mendapatkan pelatihan khusus dan menyisakan 1 kandidat per kategori untuk mewakili Sumatera Selatan ke tingkat Nasional.

Kepala Wilayah Astra Motor Sumsel, Ronny Agustinus mengatakan bahwa kompetisi instruktur safety riding ini merupakan salah satu bukti komitmen dan partisipasi Astra Motor Sumsel dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara di Sumatera Selatan.

“Kompetisi ini juga bagian dari upaya kami untuk memastikan kompetensi instruktur-instruktur Honda yang terus terasah agar senantiasa dapat melayani masyarakat dengan lebih baik dalam hal edukasi keselamatan berkendara.” tutup Ronny. (rill)

Caption Foto

Foto 1 : Peserta kompetisi safety riding mengikuti Choaching Skill

Foto 2 : Peserta melakukan simulasi berkendara yang aman dengan alat simulasi Honda Riding Trainer

Foto 3 : Peserta melakukan uji Narrow Plank untuk menguji keseimbangan saat berkendara

Foto 4 : Peserta melakukan uji Slalome Course untuk menguji keterampilan teknik safety riding peserta

Artikel Terkait