PALEMBANG — Komunitas tak pernah bisa dipisahkan dari bisnis pabrikan otomotif, khususnya komunitas diroda dua. Hal ini, Astra Honda Motor berusaha menjaga engagement dengan komunitas lewat berbagai kegiatan. Honda Bikers Day (HBD) 2017 yang diikuti para bikers pecinta motor Honda menjadi ajang puncak yang selalu ditunggu-tunggu para komunitas Honda di seluruh Indonesia.

Gelaran perdana HBD regional pertama diadakan di Ngarai Sianok, Bukittinggi, Sumatera Barat, dilanjutkan HBD di Kota Pontianak, tepatnya di Rumah Radakng, Kalimatan Barat dan dilanjutkan di Pantai Akkarena, Makassar. Puncak HBD 2017 kali ini akan digelar pada 14 Oktober 2017 di Lanud Gading, Gunung Kidul, Yogyakarta yang akan diikuti ribuan bikers Honda dari berbagai pelosok negeri.

Tak ketinggalan, Asosiasi Honda Motor Palembang (AHMP) juga akan ikut meramaikan kegiatan tahunan ini dengan mengirimkan bikers dari berbagai komunitas. Sebelum mengikuti kegiatan ini, Astra Motor Sumsel memberikan training terlebih dulu kepada bikers sebelum berangkat ke Gunung Kidul, Yogyakarta.

Bertempat di Kantor Astra Motor Sumsel, para bikers diberi sosialisasi seputar Honda Bikers Day 2017 edukasi keselamatan berkendara yang bisa diterapkan saat touring menuju lokasi HBD 2017. Kegiatan ini diikuti 8 komunitas yang terdiri dari komunitas Supra, BeAT, Spacy, CBR Series, City Sport, Revo, Vario dan CB Streetfire.

Selaku main dealer Honda, Astra Motor Sumsel juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Palembang untuk memberikan training seputar Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support) kepada  para bikers Honda. Training ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pertolongan pertama kepada bikers saat mengalami cidera atau kecelakaan saat berkendara. Teknik yang disampaikan berupa CPR (pernafasan buatan), pembalutan luka atau patah tulang serta pertolongan pertama bagi korban yang pingsan atau serangan jantung.

Manager Marketing Astra Motor Sumsel, Thomas Pradu mengatakan bahwa para pecinta sepeda motor Honda memiliki cara tersendiri dalam menciptakan kebersamaan dan menjaga persaudaraan diantara mereka.

“Kegiatan HBD merupakan salah satu upaya Honda untuk memfasilitasi keinginan untuk meningkatkan persaudaraan di kalangan biker. Kami berkomitmen terus menemani para bikers menjaga kekompakan dan kebersamaan yang menyatukan mereka sebagai sesama komunitas dan para pencinta sepeda motor Honda,” ungkapnya, Jumat (23/9/2017).

Berdasarkan data yang sudah terkumpul, animo para bikers untuk mengikuti acara tahunan ini semakin meningkat setiap tahun. Setidaknya tercatat 8.500 bikers Honda meramaikan gelaran HBD regional di pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Jumlah bikers pecinta sepeda motor Honda ini meningkat lebih dari 30% dibandingkan dengan tahun lalu yang tercatat sekitar 6.500 bikers.

Tahun ini, HBD regional 2017 akan menjadi saksi kebersamaan, kekompakan, dan kuatnya persaudaraan sebanyak 2.500 bikers dari 210 komunitas Honda pulau Sumatera, 2.500 bikers dari 108 komunitas Honda pulau Kalimatan, serta 3.000 bikers dari 97 komunitas Honda pulau Sulawesi. (rill)

Artikel Terkait