PALEMBANG — Komitmen Pemerintah untuk merestorasi Hutan dan Gambut yang dipimpin oleh kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya beserta Badan Restorasi Gambut mendapatkan apresiasi dari Institusi Dagang Hijau (IDH).

Country Director IDH Sustainable Trade Initiative  Indonesia Fitrian Ardiansyah mengatakan kegiatan ini juga harus didukung dengan implementasi di lapangan terutama lewat kotmiten dari pihak Gubernur dan juga mitra yang lainnya untuk restorasi lahan Gambut.

“Kita  telah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat juga pihak swasta untuk membuat metode-metode restorasi lahan gambut dan kehutanan yang bekerja sama dengan masyarakat jadi apakah itu telah berhasil itulah peran kita untuk membuktikan restorasi dapat dilakukan,” ungkapnya disela kegiatan Bonn Challenge di Griya Agung, Rabu (10/9).

Untuk metodenya dijelaskan Fitrian seperti bekerja sama dengan masyarakat untuk membuat pertanian lebih baik sehingga produktifitas yang ada menjadi lebih baik, kemudian ekosistem hutan gambut yang masih ada dilindungi dan di restorasi.

“Buat kami seperti di Provinsi Sumsel dan di berbagai wilayah yang lainnya ada beberapa kabupaten yang difokuskan seperti di Banyuasin kita ingin petani Swadaya juga kemudian restorasi hutan gambut yabg ada sama sama dapat dibantu seperti beberapa kabupaten,” tutupnya. (juniara).

Artikel Terkait