Setelah menyelesaikan pendidikan dasar di Palembang, pemain muda Sriwijaya FC Ichsan Kurniawan akhirnya secara resmi berangkat ke Malang guna mengikuti seleksi tahap akhir TNI Angkatan Laut, Rabu (19/8) pagi. Alumnus timnas U19 tersebut sendiri dilepas melalui upacara militer di pangkalan TNI AL dan diantar oleh keluarga besarnya.

“Tadi saya sempat berpamitan dulu dengan manajer SFC, pak Robert Heri serta Presiden Klub, pak Dodi Reza. Karena bagaimanapun saya dibesarkan oleh SFC. Semalam sebelum keberangkatan ini pun saya juga mampir ke Mess Pertiwi untuk mohon izin dengan coah Beny Dollo. Saya bersyukur karena mereka semua sangat mendukung keputusan saya untuk menjadi prajurit TNI AL,” ujar jebolan Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Palembang ini.

Dalam kesempatan tersebut, Ichsan yang juga mengantarkan SFC U21 sebagai juara di kompetisi Indonesian Super League (ISL) U21 2013 ini kembali menegaskan tekadnya untuk kembali memperkuat laskar wong kito usai menyelesaikan pendidikannya nanti. “Rencananya saya selama 5 bulan akan mengikuti pendidikan dasar terlebih dulu dan sesudahnya akan bergabung di TC PSAL guna persiapan Piala Panglima,” ungkap pemain yang berposisi sebagai gelandang jangkar ini.

Menurutnya, kedepan dirinya bertekad untuk menjadi legenda SFC dan mewujudkan mimpinya mengantarkan klub kebanggaan masyarakat Sumsel ini kembali menjadi juara di Indonesia.”SFC pernah meraih double winner, saya pribadi pun ingin tercatat sebagai pemain yang pernah meraih juara di tingkat U21 dan senior. Mohon doanya, karena persaingan di seleksi akhir tingkat nasional ini sangat ketat dan masih ada pencoretan. Namun saya harus optimis mampu melewati semua tahapan tersebut,” tekadnya.

Saat keberangkatan, Ichsan sendiri diantar langsung oleh kedua orang tuanya yakni Ahmad Fathul Munim dan Marwiti, adik kandungnya Naisyah serta kekasihnya Innurahma. “Selaku orang tua, saya cuma berpesan agar Ichsan selama pendidikan nanti tetap fokus. Saya pribadi pun kedepan usai pendidikan nanti Ichsan tetap bermain bola bersama SFC,” ujar sang ayah yang merupakan seorang prajurit TNI AD yang bertugas di Kodim Way Kanan.

Darah olahraga memang cukup kental mengalir di keluarga Ichsan Kurniawan. Pasalnya sang ibu sendiri merupakan seorang guru olahraga di SD Negeri Martapura. “Ichsan selalu kami ingatkan untuk sabar dalam meniti karier di sepakbola, sebagai pemain muda dirinya harus banyak belajar dan mencari pengalaman terlebih dulu. Dengan bergabungnya dia ke TNI AL, saya berharap nantinya mendapat pelajaran terutama mental bertanding yang lebih baik saat akan kembali ke SFC,” ungkap sang ayah.

Sementara sang ibu sendiri mengaku sangat mendukung karier sang anak. “Pasti ada kehilangan, namun selama ini sendiri Ichsan sudah sering pisah saat di SFC U21 dan timnas U19. Semoga nanti usai pendidikan dirinya dapat menjadi pribadi yang lebih baik,” harapnya. Sebelum berangkat, Ichsan sendiri diakui sang ibu meminta dibuatkan ayam goreng dan sambal ijo yang menjadi menu favoritnya. “Kami berangkat langsung dari Martapura menuju Palembang selama 6 jam untuk mengantar Ichsan, tadi sudah makan bersama terlebih dulu dengan menu pesanannya. Mohon doa dan bantuannya agar selama pendidikan Ichsan,” pungkasnya.

Artikel Terkait