PALEMBANG — Mimpi Ichsan Kurniawan untuk membela Sriwijaya FC di sisa kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 dan masuk ke dalam skuad timnas Indonesia di ajang Piala AFF November mendatang harus pupus. Pasalnya, gelandang muda lakar wong kito sudah divonis dokter untuk menjalani operasi pada 17 Oktober mendatang untuk memulihkan cedera anterior cruciate ligament (ACL) yang dideritanya saat ini.

Hal ini disampaikan oleh sekretaris tim SFC, Achmad Haris saat dikonfirmasi Jumat (14/10) sore. Menurutnya, dirinya bersama Ichsan pada Rabu (12/10) lalu sudah melakukan konsultasi ke dokter spesialis di RS Royal Progress Jakarta yang memang sudah biasa menangani cedera atlet khususnya sepakbola di tanah air.

Berdasarkan pemeriksaan tersebut, Ichsan memang direkomendasikan untuk menjalani operasi agar kariernya ke depan tidak terhambat lagi. “Kita konsultasikan 2 hasil pemeriksaan di Palembang dan tidak ada yang salah dari keduanya. Namun dr. Bobby N.. Nelwan,, SpOT yang menerima kita menyarankan agar Ichsan segera dilakukan tindakan, karena jika hanya terapi besar kemungkinan jika ada benturan maka akan kambuh lagi,” jelas Haris.

dr Bobby sendiri merupakan dokter spesialis yang cukup ternama di tanah air dan pernah menangani operasi beberapa pesepakbola papan atas Indonesia seperti Ferdinan Sinaga, Ricardo Salampessy, Imanuel Wanggai atau Boas Solossa.

“Icshan Kurniawan saat ini bukan saja asset SFC dan kebanggaan Sumatera Selatan, namun juga timnas Indonesia. Karena itu kami harus berhati-hati dalam proses penanganan cederanya. Namun sudah hampir dipastikan bahwa di sisa kompetisi TSC 2016 ini dia tidak bisa bermain lagi dan harus beristirahat dulu,” tegasnya.

Berdasarkan pengalaman pihaknya, diperlukan waktu sekitar 3-6 bulan masa pemulihan cedera ini. “Ketika terjadi kerusakan,, tubuh tidak dapat memperbaikinya secara alami. Karena itulah operasi menjadi satu–satunya jalan untuk mengobati cedera ACL. Cedera ACL bisa berupa putus,, atau sobek yang mengakibatkan sendi lutut yang memang berfungsi menjaga kestabilan sendi lutut. Meski diperkirakan sekitar 6 bulan, namun ada juga pemain yang bisa lebih cepat sembuh karena motivasinya yang kuat, karena itu kami butuh doa dan supportnya agar Ichsan cepat pulih kembali,” pungkasnya. (dedi)

RelatedPost