Laskarwongkito.com — Demi mempercepat pembangunan sirkuit Motor Gp, yang akan selesai pada tahun 2018, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H. Alex Noerdin memintak kepada pihak Hutama Karya (HK), yang sedang mengerjakan jalan Tol Palembang Indralaya (Palindra) dapat membantu pengerjaan sirkuit Motor GP di Jakabaring .

Dikatakan Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H. Alex Noerdin,  pembangunan sirkuit Motor Gp akan mencontoh Tol Palindra yang membangun diatas tanah rawa menggunakan teknologi Vacum.

“Sistem vakum ini sebenarnya teknologi sudah digunakan pertama di Swedia tahun 1950-an. Jadi bukan teknologi baru. Peralatannya saja di sini diperbaharui sehingga lebih efektif, lebih efisien, lebih cepat,” kata Alex.

Diungkapkan Alex, bahwa Negara yang Asia yang banyak menggunakan teknologi sistem vakum di China, Dengan ribuan Kilometer jalan China menggunakan teknologi ini.

“Jadi untuk pertama kalinya  Indonesia untuk mengunakan teknologi vacum yaitu di Provinsi Sumsel di ruas jalan tol Palindra. Ini pertama kali, “ungkapnya.

Tambanya, Oleh karena itu banyak Fakultas Teknik Universitas Negeri dari seluruh Indonesia datang profesor, mahasiswanya belajar.

“Jadi nanti kalau mau belajar metodelogi vakum, itu pergi ke Palembang. Ini kan tidak jauh dari Jakabaring. Kira-kira 10 Km yang di pangkal. Kondisi sirkuit lahannya itu sama seperti itu. Jadi kalau mau cepat, pakai teknologi ini lebih cepat, lebih murah, levih reliabel, lebih bisa dipercaya,” tandasnya. (juniara)

Artikel Terkait