PALEMBANG¬†— Suasana semarak dan riuhnya peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71 nampaknya juga dirasakan oleh semua kalangan masyarakat di Sumatera Selatan, termasuk petugas kebersihan di lingkungan rumah dinas Gubernur Sumsel, Griya Agung.

Murtini salah satunya, Perempuan paruh baya ini mengaku dirinya juga merasakan hingar bingar persiapan perayaan hari kemerdekaan. Menurutnya, beberapa hari menjelang HUT RI dirinya dan petugas yang lain beban pekerjaannya meningkat dari hari biasanya.

“Banyak kegiatan disini (di Griya Agung), jadi sampahnya juga banyak. Kalau sampahnyo dikumpulkan kito lebih mudah bersihkannyo , tapi namonyo wong banyak padahal lah sudah diimbau lewat mic di depan sano,” ungkapnya sambil menyeka keringat di keningnya.

Dikatakan Murtini, meskipun jam bekerja bertambah untuk perhelatan HUT RI, dirinya tidak keberatan. “Ado 25 petugas, betinonyo cuman betigo lainnyo lanang galo. Kito ado pembagian jadwal piketnyo jadi begantian,” jelasnya.

Perempuan yang telah menginjak usia kepala lima ini juga mengungkapkan rasa senangnya bekerja menjadi petugas kebersihan selama tiga tahun terakhir ini. “Lemak disini lah tigo taun di Griya terus paling pas ado acara besak kito sibuk nian, Pak Alex jugo baik idak pelit galak ngenjuk duit saku,” katanya dengan senyum mengembang.

Ucapan syukur juga dia lontarkan, meskipun tubuhnya yang sudah renta masih diberi pekerjaannya yang layak. “Alhamdulillah, masih ado yang nerimo kami begawe walaupun lah tuo, gajinyo jugo cukuplah untuk kami, tetap besyukur pokonyo ,” tutup Murtini.(juniara)

Related Post