Laskarwongkito.com — Suka makanan gorengan? Hampir semua orang hobi makan makanan camilan yang satu ini. Tak heran dengan rasanya yang gurih dan nikmat,gorengan memiliki banyak penggemar. Apalagi gorengan biasanya dijual dengan harga yang merakyat, rasanya pun enak, siapapun mampu membelinya, sehingga menjadikan gorengan ini makanan favorit.

Meski tahu akan ada efek samping jika terlalu sering memakan gorengan, tetap saja gorengan adalah makanan primadona karena bisa disantap di mana saja, baik sebagai pengganjal perut atau bahkan dijadikan makanan pendamping nasi.

Nah, meski demikian, kita harus tetap menjaga agar tidak terlalu banyak makan gorengan. Baik hasil buatan sendiri lebih-lebih lagi, jajanan gorengan yang dijajakan di pinggir jalan. Mengapa? Nah, alasannya bisa kamu simak dalam tulisan di bawah ini. Simak yuk.

 1. Kanker usus besar

501450278286

(sumber foto: img1.beritasatu.com)

Pedagang gorengan tentu saja tidak ingin keluar biaya besar, maka minyak goreng yang digunakan akan digunakan berulang-ulang. Jika berkurang akan ditambah dengan minyak yang baru, tanpa membuang minyak yang lama.

Nah, penggunaan minyak berulang-ulang ini lah yang dapat memicu terjadinya kanker usus besar. Pasalnya, minyak bekas ini memicu tumbuhnya asam empedu di dalam usus sehingga dapat menyebabkan iritasi usus.

 2. Jantung

Ilustrasi-Gejala-Penyakit-Jantung

(sumber foto: medikanews.com)

Penyakit jantung ini dapat disebabkan oleh kolesterol. Makanan yang digoreng dengan menggunakan minyak berlebih atau minyak bekas akan mengansung kolesterol jahat, sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung. Duh, syerem kan!

 3. Stroke

Penyakit-stroke-Angpao888-08062014

(sumber foto: angpao888.com)

 

Selain penyakit jantung, penyakit yang ditimbulkan karena kolesterol jahat adalah penyakit stroke. Penyakit ini sangat rentan diderita oleh orang-orang yang lanjut usia, maka dari itu orang yang sudah lanjut usia disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang digoreng terlalu berlebihan.

 4. Obesitas

86546213cffd75dcb62db48cc3e44f62_XL

(sumber foto: www.deherba.com)

 

Selain mengandung kolesterol atau bahaya makanan yang digoreng juga mengandung lemak. Lemak ini apabila ditumpuk didalam tubuh akan menyebabkan kegemukan. Orang yang terlalu gemuk disebut sebagai penderita obesitas.

 5. Gangguan pencernaan

penyakit-sistem-pencernaan

(sumber foto: www.anneahira.com)

Gangguan pencernaan ini disebabkan oleh adanya lemak yang sangat asam dan berat pada perut. Meskipun ini penyakit yang tidak begitu serius, tetapi bisa sangat merepotkan. Hal ini akan terjadi jika mengkonsumsi gorengan dengan mengunyahnya tidak terlalu lembut. Namun hal ini dapat diminimalisir dengan mengunyah gorengan secara benar hingga benar-benar halus.

Sebenarnya banyak lagi efek yang ditimbulkan jika kita hobi makan gorengan dan dalam waktu terus-menerus.  Seperti panas dalam, pemicu sariawan dan lainnya. So, tetap jaga keseimbangan gizi ya fren.

Gak salah jika kamu makan gorengan sekali-sekali. Namun, jangan terlalu sering. Usahakan seimbangkan dengan makanan lainnya seperti buah-buahan. See ya.. (red/dil)

Artikel Terkait