PALEMBANG – Masih ingatkah anda perkelahian di Hotel Swarna Dwipa antara dua pemain Sriwijaya FC Hilton Moreira dan Thierry Gathuessi dengan  pemain Persija Jakarta, Ismed Sofyan dan kawan-kawan?
Peristiwa itu terjadi lima tahun lalu dan pada Jumat (24/6) Hilton Moreira akan berhadapan kembali dengan Ismed Sofyan pada laga Indonesia Soccer Championships (ISC) 2016 antara Sriwijaya FC kontra Persija Jakarta di stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.
Sebelum berangkat ke Jakarta pemain Sriwijaya FC Hilton Moreira sudah melupakan perseteruan tersebut. “Saya sudah melupakan semua itu dan tidak akan terpengaruh saat harus kembali bertemu dengan Persija nanti,” katanya Rabu malam (22/6).
Menurut Hilton pada awal 2016, dirinya sempat mengikuti latihan bersama pemain Persija. “Saya bertemu Ismed dan kami berbicara banyak. Apa yang terjadi itu merupakan cerita lama dan tidak perlu diingat. Kami sama-sama punya keluarga dan sekarang hanya fokus ke sepakbola,” kata pemain asing asal Brazil.
Namun Hilton urung bergabung dengan Persija, akhirnya Hilton berlabuh di Sriwijaya FC. Menurutnya, saat berlatih di Persija, seluruh pemain dan manajemen Persija memperlakukan dirinya dengan sangat baik. “Saya sebenarnya mau dikontrak, pelatih Paolo Camargo dan Presiden Persija Ferry Paulus sudah setuju. Namun akhirnya dibatalkan karena ada masalah non teknis,” ujarnya.
Penolakan terhadap Hilton Moreira dari beberapa kelompok pendukung Persija yakni Jakmania.  “Manajemen Persija bicara ke saya bahwa hal tersebut demi kebaikan semua pihak dan saya pun memahaminya. Tidak ada masalah, saya tetap respek terhadap Persija,” katanya.
Terhadap  Ismed Sofyan, Hilton punya penilaian terhadap pemain asal Aceh tersebut merupakan sosok pemimpin di Persija. “Dia pemain senior, tidak hanya punya kualitas bagus saat di lapangan, namun Ismed adalah simbol Persija. Dia pemimpin tim saat bermain maupun di luar lapangan,” puji Hilton.
Hilton juga mengaku sangat menghormati Paolo Camargo, pelatih yang berasal dari negaranya. “Dulu waktu kecil saya pernah dilatihnya dan mungkin banyak yang tidak tahu bahwa Paolo Camargo juga pelatih Kaka, eks pemain AC Milan dan Real Madrid yang sekarang bermain di MLS,” kenangnya.
Hilton bercerita, saat Paolo melatih Persibo Bojonegoro, dirinya sering berhubungan dengan Paolo Camargo.  “Di Persibo selain Paolo banyak juga sahabat saya yang berasal dari Brasil, ada Wenderley Junior yang menjadi asisten Paolo,” katanya. (dedi)

Artikel Terkait