PALEMBANG — Berbagai prestasi dan penghargaan berhasil diraih oleh Sekolah Dasar Negeri (SDN) 179 Palembang. Sekolah ini semakin menunjukkan kiprahnya dalam bidang pendidikan dan menjadi contoh bagi sekolah lainnya di Sumatera Selatan.
Sekolah yang beralamat di Jalan Letnan Siamanjuntak, Kelurahan Pahlawan ini kembali meraih prestasi di tingkat nasional dalam Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Na­sio­nal ke-3 Tahun 2016.
Lomba yang diadakan oleh Direktoral Pembinaan Sekolah, Direktoral Jenderal Penddikan Dasar dan Me­neng­ah Kementrian Pen­di­dikan dan Budaya, 11-15 Oktober lalu di Balik Papan mengantarkan SDN 179 keluar sebagai juara III Lomba Budaya Mutu Pem­belajaran SD Negeri tingkat nasional.
Kepala SDN 179, Maulina, S.Pd, M.M, mengungkapkan rasa senang dan bangganya bisa membawa nama sekolah dan juga Sumsel di kancah nasio­nal.
Ia tidak menyangka se­kolah­nya akan keluar sebagai pemenang. Hal ini di­karena­kan masih banyak sekolah lain yang lebih baik dan memiliki berbagai macam kelebihan.
Lina menuturkan bahwa ia dan juga guru pendamping yang ikut ber­samanya telah berusaha mem­beri­kan yang terbaik dalam setiap kategori penilaian yang sudah ditetapkan.
“Pertama kita kirim proposal portofolio sesuai acuan pusat, setelah diterima mereka melakukan visitisasi dari tim.kementerian yang menilai langsung isi portofolio dari segi pembelajaran, manajemen berbasis sekolah (mbs), ekstrakulikuler serta perpustakaan,” jelasnya.
Setelah semua selesai, sambung Lina, hasilnya kita dinobatkan masuk ke grand final dan bersaing dengan sekolah lainnya untuk tahap wawancara dan presentasi portofolio. “Dari hasil wawancara dan presentasi itu kita ditetapkan sebagai pemenang ketiga,” ucapnya bangga.
Menurutnya, keberhasilan SDN 179 menyabet gelar juara tiga dalam sekolah lomba budaya mutu berkat kerja keras dan kerjasama semua pihak, ditambah dengan pengalaman tahun sebelumnya yang pernah mengikuti lomba serupa di Padang.
“Kita sudah memiliki branding sebelumnya, tahun kemarin kita mengikuti lomba di Padang, Meskipun belum menang kita menjadikannya pengalaman dan bersiap lebih ekstra lagi dan Alhamdulillah berhasil,” kata dia.
Maulina berharap, kedepannya SDN 179 Palembang dapat menorehkan prestasi yang lebih mengharumkan nama Sumsel baik di tingkat nasional maupun internasional. (juniara)

RelatedPost