PALEMBANG — Usai memastikan Osvaldo Lessa sebagai pelatih kepala di Sriwijaya FC, manajemen SFC juga langsung bergerak cepat mencari asisten pelatih untuk mendampingi arsitek asal Brasil tersebut di kompetisi Liga 1 Indonesia mendatang. Agar proses adaptasi berjalanncepat, manajemen memutuskan mencari sosok pelatih yang dianggap sudah mengetahui luar dalam kondisi SFC saat ini.
Dengan pertimbangkan tersebut
manajemen SFC akhirnya memulangkan kembali sosok Hartono Ruslan ke jajaran kepelatihan untuk kedepannya.
Pemilihan ini dikarenakan fgur Hartono dianggap sangat mengenal kondisi tim SFC karena dalam beberapa tahun terakhir sudah menjadi bagian dari tim kebanggaan masyarakat Sumsel ini.
Terhitung, pelatih asal Solo ini sudah bertugas menjadi asisten pelatih sejak SFC masih ditangani oleh Kashartadi di tahun 2011/2012 lalu. Setelah sempat hengkang dengan menjadi pelatih kepala Persik Kediri di tahun 2014, setahun kemudian Hartono Ruslan kembali ke SFC dan menjadi asisten pelatih Beny Dollo. Di kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016, peran ini pun masih berlanjut.
Dengan alasan tersebut, figur Hartono Ruslan dianggap cukup mumpuni untuk mendampingi Osvaldo Lessa kedepan.
“Hartono kenal semua pemain, sudah tau cara bermain, karakter tim sehingga nanti proses adaptasi dengan pelatih asing mungkin tidak akan terlalu lama. Apalagi kompetisi sudah di depan mata sehingga kita perlu sosok seperti itu,” jelas sekretaris tim SFC, Achmad Haris saat dihubungi Senin (27/3) siang.
Gayung pun bersambut, saat dikonfirmasi Hartono Ruslan mengaku siap menerima tawaran tersebut. Meski sempat menangani klub lain usai Piala Presiden 2017, tawaran dari SFC diakuinya sangat sulit untuk ditolaknya.
“Saya sempat beberapa hari diminta membantu ke PS TNI, namun setelah ada panggilan ke Palembang, saya memutuskan kembali, karena disana saya juga belum tanda tangan kontrak,” ungkapnya saat dihubungi Senin (27/3) siang. Bahkan dirinya pun sudah terlihat mendampingi tim yang akan melakoni laga uji coba di Cilegon, Selasa (28/3) besok.
“Soal tim, saya akan berbicara terlebih dulu dengan Lessa. Namun manajemen sudah menyampakaikan apa yang menjadi target tim ini, baik untuk jangka pendek maupun selama semusim nanti. Sejauh ini tidak ada masalah karena masih banyak pemain yang merupakan pilar di kompetisi TSC 2016 lalu, beberapa pemain baru juga kita kenal. Kami akan maksimalkan 3 laga uji coba di Cilegon, Karawang dan Lampung untuk melihat semuanya,” tegasnya. (Dedi)

Artikel Terkait