PALEMBANG — Hari pertama Asian Triathlon Championsip (ASTC) yang menampilkan kelas elite women dan U-23 dimulai hari ini, Jumat (21/7) dikawasan Jakabaring Sport City. Alhasil, Jepang keluar sebagai juara pada dua kategori tersebut.

Dominasi atlet Jepang atas kontingen atlet lainnya terlihat sejak awal perlombaan. Dimana atlet Jepang selalu dibagian terdepan dan meninggalkan jauh para pesaing, baik pada lintasan renang, sepeda dan juga lari.

Juara pertama sampai ketiga pun berhasil direbut Jepang untuk kelas elite women atas nama Yuko Takahashi, Aoi Kuramoto, dan Sena Takahashi.

Sedangkan untuk nomor U-23 Juara pertama direbut Fukuoka, diikuti Kiahimoto diposisi kedua dan Ohara ditempat ketiga.

Pemenang kelas elite women, Yuko Takahashi mengatakan, perlombaan kali ini sangat berat dikarenakan cuaca di Kota Palembang berbanding terbalik di negaranya.

“Cuaca panas disini menjadi tantangan tersendiri, tapi karena kami sudah berada disini selama satu minggu jadi sudah bisa beradaptasi,” ucapnya saat diwawancarai usai lomba.

Persiapan kontingen Jepang ke Palembang ternyata tidak main-main, tidak hanya atlet yang terus dilatih namun Jepang ternyata juga membawa koki sendiri. “Ya, ini dilakukan agar asupan gizi kami tetap terjaga, jadinya kita bawa koki dari Jepang,” tambahnya.

Untuk pemenang di masing-masing kategori berhak mendapat medali ditambah uang sebesar $1.500 untuk juara pertama, $1.250 juara kedua, $1.000 untuk juara ketiga. (juniara)

Related Post