PALEMBANG — Setelah hampir 1 bulan absen karena cedera, Ahmad Maulana Putra diprediksi akan segera kembali ke lapangan hijau dan melakukan debutnya bersama Sriwijaya FC di laga kedua grup 4 turnamen Piala Presiden 2017 melawan Barito Putera, Senin (13/2) sore mendatang di stadion I Wayan Dipta Gianyar. Saat ini, kondisi cederanya semakin pulih dan mendapat lampu hijau dari tim medis laskar wong kito.

“Saya sudah melaporkan ke head coach bahwa Ahmad Maulana Putra sudah siap diturunkan saat melawan Barito Putera (13/2) besok. Namun keputusan apakah akan dimainkan atau tidak ada di tangan tim pelatih,” ujar fisioterapi SFC, Maradona saat dihubungi Jumat (10/2) sore.

Menurutnya, hal ini juga sudah sesuai dengan program yang dipersiapkannya saat masih di Palembang lalu. “Berdasarkan analisis, Maulana memang masih riskan jika dipaksakan bermain di laga perdana melawan Bali United (7/2) lalu. Saat itu cedera lututnya masih perlu penanganan intensif dan diperkirakan memakan waktu selama sebulan,” jelasnya.

Meski sudah mendapat lampu hijau untuk turun ke lapangan hijau, Maradona menyebut bahwa Maulana belum siap jika dimainkan secara penuh nantinya. “Sudah hampir sebulan dia absen, saat kita coba di Palembang juga hanya sekitar 30 menit dengan kualitas lawan yang jauh dibawah. Karena itu jika nanti dimainkan melawan Barito, saya pikir kondisinya hanya siap maksimal selama 70 menit,” tambahnya.

Selama di Bali, Maulana bersama Ichsan Kurniawan mendapat porsi latihan tambahan dari tim medis SFC setiap sorenya untuk mempercepat proses pemulihan cedera. “Setiap sore, mereka memang kita bawa ke fitness centre untuk penguatan dan mempercepat pemulihan. Untuk Ichsan, sekarang pun sudah kita mulai masuk tahap lanjutan, tadi pagi juga disisipkan latihan dengan bola, tapi masih perlu waktu sekitar sebulan lagi untuk benar-benar pulih,” pungkasnya.

Sementara itu, Maulana saat dikonfirmasi mengaku kakinya sudah gatal ingin turun bermain ke lapangan hijau. “Sebagai pemain, tentu saya ingin membantu yang lain di lapangan. Tetapi keputusan ada di pelatih, saat ini kondisi saya sudah jauh membaik. Jika diperlukan, saya akan siap turun saat melawan Barito Putera nanti,” ujarnya singkat. (dedi)

Artikel Terkait