Palembang- Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Ishak Mekki mengharapkan generasi penerus atau mahasiswa  mampu mandiri, beradaptasi dan mengembangkan diri. Hal ini tertuang dalam kuliah umumnya di Universitas Muhammadyah Palembang (UMP), Selasa (05/07).

Baginya mahasiswa merupakan ujung tombak Sumatera Selatan (Sumsel),  untuk itu siap tidak siap mahasiwa harus dituntut untuk dapat melanjutkan perjuangan membangun Sumsel jauh lebih baik kedepan. Apalagi dikatakannya tidak semua orang mendapat kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang tinggi.

“Bersyukur adik-adik mampu diterima di UMP, memiliki kampus yang bagus ditambah dengan infrastruktur yang lengkap ada Perpustakaan dan Laboratorium yang berstandar. Manfaatkan sebaik mungkin waktu untuk menimbah ilmu sehingga bermanfaat bagi masa depan kalian,” ajaknya.

Menurutnya pula mahasiswa dapat mengamanatkan tiga pilar untuk menjadi mahaswiswa yang berkompeten dan profesional, diantaranya memiliki kemandirian yang dimulai sedini mungkin, kemudian pula mengembangkan diri dengan menggali potensi yang ada didalam diri sebagai tujuan untuk bersaing di era globalisasi.

“Sehubungan dengan kuliah umum, pada dasarnya mahasiswa itu harus kritis, inovatif, dan kreatif apalagi Sumsel akan menghadapi MEA yang dimana akan banyak peluang besar dan tantangan besar,” himbaunya.

Dalam paparannya Ishak Mekki menguraikan, berbagai kemajuan Sumsel saat ini memang menjadi lirikan provinsi lain, ini dibuktikan Pemprov Sumsel melalui kemauan yang penuh untuk memajukan Sumsel, dengan banyaknya perkembangan Sumsel yang meliputi pembangunan Light Rail Transit (LRT) pertama di Indonesia, pembangunan fly over, pembangunan ruas jalan tol.

Lain halnya dengan perkembangan sumber daya alam (SDA) Sumsel, dikatakan Ishak, dari segi SDA nya Sumsel sangat luar biasa, sudah banyak yang tahu bahkan sudah diakui 18,45% batubara Indonesia ada di Sumsel. “Gas alam Sumsel juga menerangi Singapura, Jawa dan Bali. 40 % panas bumi di dunia ada di Indonesia 70%, dan untuk  panas bumi di Indonesia 40%nya berasal dari Sumsel. Ditambah lagi karet nomor satu di Indonesia, Kelapa sawit nomor tiga di Indonesia,” terangnya.

Sementara Rektor UMP DR Abid Djazuli SE MM, mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru. Ia menuturkan masa menjadi mahasiswa adalah masa emas dalam kehidupan. ” Tahun ini ada keluarga baru dengan total mencapai ribuan mahasiswa baru. Insya Allah akan menjadi mahasiswa berstandar internasional bisa diwujudkan bersama,” tambahnya. (rill)

Artikel Terkait