PALEMBANG — Jamaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Palembang kloter pertama, hari ini, Rabu (10/8) berangkat menuju tanah suci Mekkah. Keberangkatan 582 JCH tersebut dilepas langsung Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Alex Noerdin di ruang asrama haji Palembang.

Adapun dari jumlah seluruh JCH kloter pertama ini, rinciannya yaitu 329 dari kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), 116 jamaah dari Ogan Ilir (OI) dan137 jamaah dari provinsi Bangka Belitung.

Alex Noerdin menyampaikan pesannya agar jamaah memperhatikan beberapa hal dalam menjalankan rukun Islam yang kelima itu, di antaranya fokus beribadah dan menjaga kesehatan. “Saya imbau jamaah untuk fokus dan khusyuk dalam beribadah. Artinya tidak usah dulu pikirkan membawa oleh-oleh karena akan membebani diri sendiri. Pikirkan itu dulu,” pesannya.

Ia juga mengatakan, waktu ibadah haji selama kurang lebih 40 hari dinilai sebagai ibadah fisik yang menguras energi, sehingga para jamaah diminta menjaga kesehatan dan mewasapadai iklim panas di Arab Saudi.

“Waspada suhu panas di sana (Mekkah) karena bisa mencapai 56 derajat celcius. Palembang saja yang sebegini panas, tidak pernah mencapai 40 derajat celcius. Jadi, jaga diri masing-masing dan manfaatkan betul kesempatan ibadah haji yang bisa jadi hanya sekali seumur hidup ini,” tambahnya lagi.

Selain itu, Alex Noerdin mendoakan para jamaah agar sepulang dari tanah suci, menjadi haji yang mabrur dan selalu diridhoi Allah SWT. (juniara)

RelatedPost